oleh

5 Fraksi Absen di Sidang DPRD Kota Kupang 3 Hari Berturut-turut, Ada Apa?

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Sidang DPRD Kota Kupang dengan agenda pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Kupang tahun 2020 macet total. Hingga Kamis (29/4/2021), sidang tak pernah dilaksanakan karena tidak memenuhi kuorum. Ini akibat absennya 5 fraksi.

Sayangnya, para pimpinan fraksi yang dikonfirmasi enggan menceritakan persoalan yang terjadi di internal DPRD Kota Kupang.

Iklan Dimonium Air

Ketua Fraksi Partai Golkar, Jemari Josep Dogon yang dikonfirmasi RakyatNTT.com, mengatakan ketidakhadiran Fraksi Golkar sangat gampang alasannya, yakni dikarenakan ada anggota fraksi yang sakit dan lain sebagainya.

Dogon mengaku heran dengan penundaan sidang tersebut, sebab tak hanya Golkar, sejumlah fraksi lain pun turut tidak hadir dalam sidang.
“Bukan Golkar yang jadi alasan, kenapa fraksi lain tidak hadir itu yang saya tidak ngerti. Mereka kenapa tidak hadir, mungkin alasan juga sama,” imbuhnya.

BACA JUGA: Banyak Anggota DPRD Kota Kupang Absen, Sudah 3 Hari Sidang LKPJ Macet

Dogon menyampaikan, dengan ketidakhadiran Fraksi Golkar dan fraksi-fraksi lain sehingga tidak memenuhi kuorum maka sudah saatnya lembaga DPRD Kotra Kupang berbenah diri. Sayangnya Dogon enggan menjelaskan persoalan yang terjadi. “Saya kira kalau dengan pemerintah tidak ada sangkut pautnya. Bagi saya ini terkait dengan internal lembaga DPRD sendiri, mungkin itu yang menjadi soal,” kata Dogon.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB, Theodora Ewalde Taek dimintai komentarnya pun tak mau membeberkan persoalan yang melanda lembaga DPRD. Ia mengatakan hal ini menjadi catatan lembaga DPRD untuk selanjutnya melakukan evaluasi. PKB juga sudah mendorong rapat Badan Musyawarah segera dimulai Jumat (30/4/2021) besok.

“Kita akan tetap memulai proses sidang, tetapi kita harus melalui jadwal Banmus, dan mungkin ada beberapa hal yang harus dievaluasi secara internal dan kita lanjutkan sidang,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sidang Perubahan APBD Kota Kupang 21 September, Dipimpin Yeskiel Loudoe

Untuk diketahui, 5 fraksi yang absen dalam sidang yang dibuka sejak Minggu (25/4/2021), yakni Fraksi Partai Nasdem, Golkar, PKB, gabungan Hanura-PSI-PPP dan gabungan PAN-Perindo. Hanya tiga fraksi yang hadir dalam sidang, yakni PDIP, Demokrat dan Gerindra.

(rnc04)

  • 127
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed