oleh

Ketua DPRD Kota Kupang Beberkan Alasan 5 Fraksi ‘Mogok’ Bersidang

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe menyayangkan sikap 5 fraksi yang tidak mau bersidang. Ke-5 fraksi tersebut, yakni Fraksi Golkar, PKB, Nasdem, PAN-Perindo dan Berkarya-PSI-PPP.

Ke-5 fraksi ini tidak menindaklanjuti surat permohonan penyampaian alasan tidak menghadiri sidang LKPJ Wali Kota tahun 2020. “Ini kan masa persidangan. Bukan ada hal-hal, hal apa harus bicarakan, karena ini agenda untuk kepentingan masyarakat,” ujar Yeskiel Loudoe, Kamis (29/4/2021).

Iklan Dimonium Air

Ia mengatakan setahu dirinya, penyebab fraksi-fraksi ini tidak mau bersidang karena tidak ada surat pemberitahuan terkait sidang. Namun, menurut Yes-sapaan karib Ketua DPC PDIP Kota Kupang ini, semua agenda sudah dijalankan. “Karena semua anggota Banmus itu ada dan semua anggota fraksi di situ (Banmus),” katanya.

Ia juga mengungkap alasan lain fraksi-fraksi tersebut tidak mau bersidang. Salah satu alasan, yakni dirinya selaku Ketua DPRD menerima pengaduan dari para lurah dan ketua RT/RW se-Kelurahan Naikoten I, Senin (26/4/2021) lalu. Para lurah dan ketua RT/RW mempersoalkan sikap Anggota Fraksi Nasdem, Siqvrid Basoeki yang diduga menganiaya Lurah Naikoten I Budi Isaac yang berujung pada laporan di Polsek Oebobo.

BACA JUGA: 5 Fraksi Absen di Sidang DPRD Kota Kupang 3 Hari Berturut-turut, Ada Apa?

“Menurut saya kita lihat dari segi positif saja. Dan saya sebagai pimpinan sudah dekati Pak Basoeki untuk urus damai. Saya terima (lurah dan ketua RT/RW, Red) waktu itu bukan hanya lurah saja, ada dengan masyarakat Kelurahan Naikoten I yang datang, makanya saya terima. Kan tidak salah,” jelas Yes.

Yes mengatakan, selaku pimpinan lembaga DPRD, dirinya tetap berupaya melanjutkan persidangan dengan menyurati kembali para ketua dan anggota fraksi. “Rakyat juga tidak mau tidak bersidang dengan tidak ada alasan. Harus rakyat tahu, bapak-bapak dong (Anggota DPRD) kan dibayar oleh rakyat, jadi harus rakyat tahu alasan tidak bersidang itu karena apa?” tambah Yes.

Baca Juga:  Fraksi PAN-Perindo Minta Sidang Dijadwal Ulang, Ketua Dewan Panggil Pimpinan Fraksi Besok

Anggota DPRD Kota Kupang 4 periode ini mengungkapkan fraksi-fraksi yang belum menjawab surat pimpinan dewan maupun mendatangi pimpinan dewan yakni Fraksi Nasdem, Golkar, PKB dan 2 fraksi gabungan. Yes juga mengatakan dirinya diangkat sebagai ketua karena konstitusi. Oleh karena itu, tindakan yang dilakukan sesuai dengan konsitusi sehingga perlu dipercaya. “Kalau perlu dievaluasi kan sudah ada surat dari pimpinan kita panggil, kenapa tidak menghadap,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, lima fraksi ini tidak hadir dalam persidangan yang dibuka sejak Minggu (25/4/2021) lalu. Hingga saat ini sidang sudah 3 kali diskors karena tidak kuorum akibat absennya kelima fraksi. Hanya Fraksi PDIP, Demokrat dan Gerindra yang hadir saat sidang dibuka. Hingga berita ini diturunkan, pimpinan Fraksi Nasdem dan dua fraksi gabungan belum memberikan klarifikasi terkait persoalan ini.

(rnc04)

  • 398
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed