oleh

Dispendukcapil Ende Siap Wujudkan Kabupaten Layak Anak 2023

Iklan Covid Walikota Kupang

Ende, RNC – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende membuat terobosan baru dalam sistem pendataan penduduk yang cepat dan akurat. Untuk itu, dilakukan MoU dengan Yayasan Flores Children Development (Frend) dan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Ende.

Hal ini dipaparkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende, Lambertus Sigasare saat ditemui RakyatNTT.com di ruang kerjanya, Jumat (16/7/2021).

Iklan Dimonium Air

Dijelaskan, dalam rangka menuju Kabupaten Ende Layak Anak (KLA) tahun 2023 dan pemenuhan hak sipil anak terkait akta kelahiran dan kartu identitas anak, maka MoU ini menjadi hal yang urgen.

Sedianya mahasiswa KKN STPM Ende akan dibekali dengan berbagai hal yang bersifat teknis pada 17 Juli 2021 melalui kuliah umum. Pematerinya dari Dinas Dukcapil dan Frend. Mahasiswa KKN STPM ini akan tersebar di tiga kecamatan, yakni Nangapanda, Ende dan Ndona dengan 28 desa target.

Lambertus menjelaskan para mahasiswa ini akan menjalani KKN selama dua bulan di desa. Mereka secara teknis akan melakukan sosialisasi, penyebaran brosur, penyebaran formulir dan mendata anak-anak yang belum memiliki akta kelahiran.

Mereka juga melakukan verifiikasi. “Selanjutnya Dinas Dukcapil menerima datanya secara kolektif baik menjemput datanya secara langsung maupun diantar oleh mahasiswa,” ujar Lambertus.

Ia berharap agen-agen perubahan ini dapat mempercepat pendataan anak di Kabupaten Ende meskipun dihadapkan dengan lonjakan covid yang tinggi di Kabupaten Ende. Kerjasama masyarakat juga sangat diharapkan karena akta kelahiran dan kartu identitas anak sangat penting. Selain persyaratan untuk masuk sekolah juga dapat menjadi kelengkapan data keluarga yang akurat untuk keperluan keluarga. (rnc16)

Baca Juga:  Bupati Epi Tahun: Saya bukan Kerbau Tusuk Hidung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed