oleh

Ini Sebaran 39 Pasien Positif Covid-19 di 9 Kabupaten/Kota

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Dengan bertambahnya 9 pasien positif, Kamis (14/5/2020), maka total pasien positif covid-19 NTT sudah mencapai 39 orang. Jumlah ini tersebar di 9 kabupaten/kota di NTT.

Berdasarkan data yang disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, dari jumlah 39 pasien tersebut, 2 orang telah dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan 36 lainnya masih sedang dirawat intensif di berbagai rumah sakit.

Iklan Dimonium Air

Untuk sebaran data pasien positif, menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, drg. Dominikus Minggu Mere, Kabupaten Manggarai Barat mempunyai jumlah pasien terbanyak, yakni 12 orang. Semuanya berasal dari klaster Gowa. Selanjutnya Kota Kupang dengan jumlah 11 orang.

Menyusul Kabupaten Sikka sebanyak 8 kasus, Kabupaten TTS 2 kasus, Rote Ndao 2 kasus, Nagekeo 1 kasus, Ende 1 kasus, Flotim 1 kasus dan Sumba Timur 1 kasus. “Tren penyebaran covid-19 sudah hampir separuh dari kabupaten/kota di NTT,” kata Domi.

Menurutnya, untuk pelayanan kesehatan maupun perawatan pasien covid-19 saat ini terdapat 11 rumah sakit rujukan emerging desease dan 11 rumah sakit second line. Dan, dengan melihat eskalasi kasus yang ada, akan ada kebijakan agar seluruh rumah sakit, termasuk rumah sakit second line yang ada saat ini, untuk melakukan pelayanan atau perawatan pasien covid-19.

Hal ini, kata dia, dikarenakan topografi NTT yang merupakan kepulauan, dan pasien covid-19 di beberapa pulau tidak bisa dirujuk, baik melalui udara maupun sarana transportasi laut. “Oleh karena itu, diharapkan seluruh RSUD di NTT harus memberikan penatalaksanaan pelayanan kesehatan untuk melayani pasien covid-19 yang ada,” kata Domi. (rnc)

  • 413
    Shares
Baca Juga:  Kemenko Perekonomian Menerima DIPA 2022, Lanjutkan Program Pengendalian Covid-19

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed