oleh

Karolus Mance, Pria yang Dilirik Heri Ngabut jadi Cawabup: Sering Sukses Mediasi Konflik

Ruteng, RNC – Munculnya nama Karolus Mance melengkapi jumlah bakal calon wakil bupati (Cawabup) yang digadang-gadangkan ikut bertarung di Pilkada Manggarai November mendatang.

Selain ada nama Adrianus Suardi, Fransiskus Ramli Boy Koyu dan Alo Selama, ada juga nama Karolus Mance yang sudah bersedia menjadi Cawabup.

Mantan Camat Cibal Barat ini rupanya sangat bersedia jika dipinang oleh Heribertus Ngabut menjadi Cawabup di Pilkada Manggarai.

Isu kedekatan keduanya kerap berhembus belakangan ini. Bahkan tak sedikitpun yang mengidolakan sosok mereka.

Karolus Mance sendiri mengaku sudah menjalin komunikasi baik dengan Heribertus Ngabut, baik sebagai atasan dan bawahan maupun secara personal. Hanya saja statusnya sebagai ASN aktif belum bisa membuatnya bergerak bebas, apalagi dengan jabatan yang dijalaninya sekarang, yakni Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai.

“Saya ini kan masih ASN aktif yang memang sebentar lagi pensiun. Tetapi soal isu maju Cawabup biarkan prosesnya berjalan seperti air mengalir. Kita tetap pakai filosofi air mengalir, nanti waktu yang menjawab,” ujar Karolus Mance merespon wartawan.

Sementara itu bakal calon Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut mengaku masih belum bisa menentukan bakal calon wakil bupati yang akan menemaninya di Pilkada Manggarai. Sebab hal tersebut sangat bergantung pada rekomendasi partai politik.

Dikatakan Ngabut, memang ada dua nama yang diisukan bakal menjadi Cawabupnya, yakni Karolus Mance dan Dokter Ronal Susilo, tetapi semuanya tergantung keputusan partai. Jika ada partai yang merekomendasikan figur lain, mau tidak mau harus siap.

“Untuk sementara belum. Memang ada dua nama itu yang menjadi pergolakan batin saya. Tetapi tetap kita tunggu partai, kalau partai setuju saya dengan Karolus Mance yah kita siap, kalau partai setuju saya dengan Dokter Ronal yah kita siap. Apabila nanti ada partai yang merekomendasikan figur lain di luar dua figur itu yah kita juga siap,” kata Ngabut kepada wartawan usai mendaftar di DPD PAN beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Cawabup TTU Yasintus Naif Terima Rekomendasi Hanura, Optimis Bertarung di Pilkada

Sampai saat ini nama Karolus Mance masih menjadi sosok yang menjadi buah bibir masyarakat bakal mendampingi Wakil Bupati ini ke Pilkada 2024.

Sepak Terjang dan Capaian Kinerja

Berikut beberapa sepak terjang dan capaian kerja Karolus Mance yang dirangkum Rakyatntt.com selama bertugas di Manggarai.

Menjadi Kabag Tapem Setda Kabupaten Manggarai tahun 2022 lalu, Mance sukses mencapai kegiatan penataan administrasi pemerintahan, yakni tersedianya dokumen hasil penataan administrasi pemerintahan berupa laporan kinerja dan keuangan serta laporan penyelesaian konflik tahun 2023.

Pada tahun 2023 Bagian Tapem yang dipimpin Karolus Mance telah memediasi beberapa konflik pertanahan di Manggarai dan sebagian besar hasil mediasi itu tuntas.

Konflik yang berhasil dimediasi tersebut antara lain:

1. Masalah tanah di SMPN 10 Kecamatan Cibal (tuntas)

2. Masalah tanah di Pong Pahar Kecamatan Satarmese Barat (tuntas)

3. Masalah tanah antar gendang Tengger dan gendang Purang di Desa Golo Lambo (tuntas)

4. Masalah tanah di Desa Ra’i Kecamatan Ruteng (tuntas).

Selain itu di bagian pengelolaan administrasi kewilayahan Mance mampu mengupayakan terlaksananya proses pembentukan Kecamatan baru, yakni Kecamatan Satarmese (dua kecamatan baru), Kecamatan Cibal dan Kecamatan Wae Ri’i.

Beberapa kecamatan itu akan dimekarkan pada tahun 2025 mendatang.

Tak hanya itu, Mance juga sukses memfasilitasi pelaksanaan otonomi daerah dengan dihasilkannya tiga dokumen, yakni dokumen laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban dan standar pelayanan minimal.

Capaian target yang diraih Karolus Mance itu turut membantu kontrak politik Bupati dan Wakil Bupati Manggarai selama 4 tahun berjalan.

Karier Birokrasi

Sebelum menjadi Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai Mance pernah menjabat Kasubag Pengumpulan Data & Penyaringan Informasi di Bagian Humas Setda Kabupaten TTU tahun 1998 sampai 1999.

Baca Juga:  Tunggu Survei IndekStat, Gerindra NTT Belum Tetapkan Nama Cagub-Cawagub

Dari Kasubag Humas Mance dipercayai menjadi Sekcam Insana Kabupaten TTU tahun 1999 sampai 2003.

Kemudian ia dipercayai menduduki jabatan Kasubag Kelembagaan & Kinerja Aparatur di Kantor Sekda Kabupaten TTU tahun 2003 sampai 2005

Selanjutnya Mance dipercaya menjadi Camat Insana Kabupaten TTU tahun 2005 sampai 2010.

Pasca Camat ia kembali menduduki eselon III dengan menjabat Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten TTU tahun 2010 sampai 2011.

Lanjut dari Dinas Sosial, Mance kemudian dipercaya menjabat Sekretaris Dinas Kehutanan Kabupaten TTU tahun 2011 sampai 2016 sebelum akhirnya pindah ke kampung halaman Manggarai.

Di Manggarai, Mance menjabat Camat Cibal Barat dari tahun 2017 sampai 2022 dan Kabag Tapem 2022 sampai 2024 sebelum akhirnya dimutasi ke Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *