oleh

Lahan Makam Covid-19 di Fatukoa Penuh, Sudah 123 Lubang Terisi

Kupang, RNC – Angka kematian pasien positif Covid-19 di Kota Kupang terus meningkat. Hingga Rabu (10/2/2021) kemarin, ada 79 pasien positif covid-19 meninggal dunia. Ditambah dengan pasien suspect covid-19 sehingga total sudah ada 123 liang makam yang terisi.

Pantauan RakyatNTT.com, 1 blok lokasi pemakaman TPU Damai tampak penuh. Dari data yang dihimpun media ini, hanya tersisa 4 lubang yang masih kosong dari total 127 makam yang disiapkan Pemkot Kupang untuk pasien covid-19. Pemkot juga menyiapkan 1 unit ekscavator untuk menggali lubang apabila ada yang meninggal dan ditangani sesuai protap covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodowik Djungu Lape kepada RakyatNTT.com, Rabu kemarin mengatakan Pemerintah Kota Kupang telah menyiapkan lahan dengan ukuran 5.000 meter persegi untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 10 Februari: 191 Positif, 138 Sembuh dan 5 Meninggal

Hingga saat ini ada 123 liang makam yang telah terisi, 7 di antaranya adalah jenazah dari luar Kota Kupang. “Dan selebihnya itu adalah jenazah warga Kota Kupang yang dimakamkan di TPU tersebut,” katanya.

kuburan covid 2
Beberapa makam khusus pasien covid-19 tampak sudah direhab oleh keluarga pasien meninggal. (Foto: Rocky Tlonaen/RNC).

Sedangkan terkait data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang yang menyatakan hanya 79 pasien positif covid-19 meninggal dunia, Lodowik menjelaskan dari hasil koordinasi semua jenazah yang dimakamkan tersebut merupakan jenazah yang dimakamkan sesuai protokol covid-19, baik yang positif covid-19 maupun masih PDP atau suspect.

Ada pasien yang saat meninggal belum keluar hasil swab-nya, sehingga terdata sebagai pasien probable Covid-19 dan harus dimakamkan sesuai protokol covid-19.

“Artinya pasien meninggal tetapi hasil belum keluar, namun harus dimakamkan secara protokol covid-19,” pungkasnya. (rnc04)

 

Baca Juga:  BPOM Buka Suara soal Efek Samping Vaksin Covid AstraZeneca

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *