oleh

25 Tenaga Medis Puskesmas Korbafo Belum Divaksin, Ini Alasannya

Iklan Covid Walikota Kupang

Ba’a, RNC – Sebanyak 30 dari 55 orang tenaga medis di Puskesmas Korbafo, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao telah menerima vaksin covid-19 merk Sinovac, Rabu (10/2/2021). Masih tersisa 25 orang yang belum divaksin.

Kepala UPTD Puskesmas Korbafo, Mat Y. Poy kepada RakyatNTT.com, menjelaskan pada pencanangan vaksinasi Senin (8/2/2021) lalu, nakes dari Puskesmas Korbafo tidak ikut karena ada salah satu pasien dari Puskesmas Korbafo terkonfirmasi reaktif saat tes rapid antigen.

Iklan Dimonium Air

BACA JUGA: Aparat TNI/Polri Turun Lapangan Atasi Covid-19 di Rote Ndao

Mat menjelaskan, pasien ini terkonfirmasi reaktif saat rapid tes Sabtu (6/2/2021) lalu dirujuk ke RSUD Ba’a. “Kami minta tunda karena selama pasien dirawat dari hari Rabu sampai Sabtu terjadi kontak nakes dengan pasien. Jadi kami ragu untuk divaksin sebelum semuanya di-rapid antigen,” kata Mat.

Oleh karena itu, semua nakes di Puskesmas Korbafo sudah selesai melakukan rapid tes antigen dan hasilnya semua dinyatakan negatif. Dengan demikian baru dijadwalkan mengikuti vaksinasi pada Rabu hari ini.

Pelaksanaan vaksinasi kepada para nakes bertempat di UPTD Puskesmas Korbafo. Pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Mat Poy dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, tokoh agama dan TNI/Polri yang hadir menyaksikan secara langsung pemberian vaksin untuk nakes.

Menurut Mat, tujuan diberikan vaksin adalah menciptakan herd immunity, yakni menciptakan kekebalan alami pada kelompok tertentu untuk menanggulangi atau mencegah penyakit menular khususnya covid-19.

Mat berharap kehadiran lintas sektor dalam pelaksanaan vaksinasi untuk nakes Puskesmas Korbafo dapat menjadi corong informasi dalam mensosialisasikan vaksin Sinovac kepada masyarakat bahwa vaksin Sinovac 100% halal dan aman. “Agar masyarakat jangan termakan dengan berita-berita hoax tentang vaksin ini,” kata Mat.

Pantauan RakyatNTT.com, sebelum dilaksanakan vaksinasi, Ketua Majelis Klasis Pantai Baru, Pdt. Theresia P. Kadafuk-Sarlot, S.Th memimpin doa bersama. Turut hadir dalam acara ini Camat Pantai Baru Alexander E. Tulle, SE, Kapolsek Pantai Baru Iptu Konelius Tuati, mewakili Danramil 1627/02 Peltu I Made Dana, Lurah Olafuliha’a Jekson O. Tulle, A.Md, Ketua Majelis Jemaat Petrus Sua, Personil TNI Koramil 1627/02, Anggota Polsek Pantai Baru.

BACA JUGA: Tenaga Kesehatan di Rote Ndao Jalani Vaksinasi Perdana

Untuk diketahui, ada 55 orang nakes di UPTD Puskesmas Korbafo, namun yang baru terdaftar di aplikasi database penerima vaksin Sinovac adalah sebanyak 36 orang. Sebanyak 19 belum terdata. Dari 36 orang nakes hanya 35 orang nakes yang berhak terima vaksin tahap perdana sesuai dengan vaksin yang didistribusikan dari Dinas Kesehatan yakni 35 vial.

Dari 36 orang nakes yang terdata di database untuk menerima vaksin, sebanyak 30 orang telah menerima vaksin sedangkan sisanya 6 orang ditunda karena 5 orang ibu menyusui dan 1 orang memiliki penyakit penyerta. Dengan demikian, dari 35 vaksin yang didistribusikan dinas kesehatan kabupaten Rote Ndao yang terpakai 30 vaksin.
(rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed