oleh

Mau Dapat Bansos Tunai Rp 300 Ribu? Silakan Cek di Sini

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Program bantuan sosial (bansos) tunai sebesar Rp 300 ribu diperpanjang hingga 2021. Untuk mengetahui penerima bantuan, cek di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Perpanjangan pelaksanaan bansos tunai Rp 300 ribu bertujuan memberi kesempatan keluarga yang belum menerimanya. Pemerintah berharap bantuan ini bisa meringankan beban selama pandemi COVID-19.

Iklan Dimonium Air

“Bansos Rp 300 ribu diharapkan tepat sasaran, waktu, dan sesuai target dalam mendukung pemulihan ekonomi dan ketahanan ekonomi secara nasional,” ujar Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos, Asep Sasa Purnama dikutip dari situs Kemensos yang ditulis Minggu (20/12/2020) dilansir dari detikcom.

Berikut cara cek bansos tunai Rp 300 ribu:

1. Klik dan login http://dtks.kemensos.go.id
2. Pilih ID Kepesertaan DTKS yang diinginkan
3. Ketik nomor kepesertaan ID yang dipilih dalam DTKS
4. Masukkan nama sesuai ID yang dipilih dalam DTKS
5. Ketik kode captcha dalam kotak yang tersedia
6. Klik Cari

Sistem DTKS akan menyesuaikan ID dan nama yang diinput, serta membandingkannya dengan data dtks.kemensos.go.id. Jika nama tidak ada dalam database, situs DTKS akan memberi keterangan.

BACA JUGA: Penting! Pelajar Bisa Dapat Bantuan Rp 1 Juta dari Kemendikbud, Ini Caranya

“Data tidak ditemukan, periksa kembali ID dan Nama..!” tulis dtks.kemensos.go.id jika terjadi ketidaksesuaian data dan tidak berhak atas bansos Rp 300 ribu.

Kemensos berencana melakukan validasi ulang data penerima bansos tunai Rp 300 ribu. Validasi diharapkan meningkatkan jangkauan bantuan sehingga penerima bukan orang yang sama.

Pemerintah menyiapkan Rp 12 triliun untuk perpanjangan program bansos tunai Rp 300 ribu. Bantuan diterima sekitar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 34 provinsi.

(*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed