oleh

Ini Alasan Wali Kota Jeriko Getol Lakukan Penghijauan di Kota Kupang

Kupang, RNC – Gerakan Kupang Hijau (GKH) menjadi salah satu program utama Pemerintah Kota Kupang di bawah komando Dr. Jefri Riwu Kore sebagai wali kota. Ia menggandeng berbagai pihak untuk terlibat dalam program ini.

Pada Sabtu (19/12/2020) pagi, sejumlah warga yang tergabung dalam WAG Keluhan Warga Kota menginisiasi penanaman anakan pohon di Jalur 40, Kelurahan Manulai II. Turut hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore dan sejumlah pejabat Pemkot Kupang. Termasuk para mahasiswa Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian Undana.

Wali Kota Jeriko mengatakan cuaca di Kota Kupang semakin panas sehingga sangat perlu untuk dilakukan penanaman pohon. Kegiatan penanaman pohon hari ini juga sebagai aksi peduli akan gerakan menghijaukan Kota Kupang menurutnya perlu didukung. “Pohon-pohon yang ditanam sangat membantu dalam membuat Kota Kupang menjadi sejuk. Bukan hanya itu, pohon-pohon yang ditanam memiliki manfaat yang sangat penting yaitu sebagai penyerapan air sehingga ke depan Kota Kupang tidak hanya menjadi sejuk namun penyediaan air tanah juga menjadi semakin baik,” ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga bagi semua yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon untuk mendukung gerakan Kupang Hijau dan aksi peduli hijaukan Kota Kupang. Ditambahkannya bahwa yang dilakukan adalah bentuk tanggung jawab bersama untuk memajukan dan menghijaukan Kota Kupang lewat penanaman pohon, untuk itu dia meminta agar semua yang berpartisipasi menjadi pembawa pesan bagi seluruh keluarga dan kenalan untuk ikut terlibat dalam menanam pohon di lingkungan masing-masing demi kebaikan bersama yang manfaatnya akan dirasakan 10 hingga 20 tahun yang akan datang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang Frengki Amalo, S.Sos., MM yang turut serta menanam pohon menuturkan bahwa aksi penanaman pohon dalam rangka mendukung gerakan Kupang Hijau ini sangat memberikan nilai plus bagi pemerintah dan masyarakat.

BACA JUGA: Wali Kota Bersama Warga dan Mahasiswa Gelar Aksi Tanam Pohon di Manulai II

“Ini adalah salah satu kegiatan yang sangat positif, sehingga melibatkan sejumlah elemen masyarakat, ini patut ditiru karena ini satu gerakan yang spontanitas namun menghasilkan antusiasme besar, terlihat dari banyaknya partisipan yang hadir,” tambahnya. Menurutnya ini menandakan bahwa kesadaran dari masyarakat terhadap penghijauan di Kota Kupang sudah sangat baik untuk memperoleh lingkungan yang bersih, sehat dan indah. Diakuinya ternyata minat masyarakat Kota Kupang untuk terlibat dalam menanam, menjaga Kota Kupang lewat penghijauan cukup tinggi. Dia berharap semoga ke depan kegiatan semacam ini bisa dilanjutkan di lokasi yang lain.

Lurah Manulai II, Meksain Mauk dalam kesempatan yang sama berterima kasih atas program penanaman pohon dan sangat mendukung penanaman pohon tersebut dalam rangka menggalakkan gerakan Kupang Hijau. Menurutnya Kota Kupang perlu untuk dihijaukan melalui penanaman pohon karena penanaman pohon berdampak pada ketersediaan air tanah dan terciptanya udara yang segar dan bersih. Oleh sebab itu, menurutnya penanaman pohon harus terus dilakukan dan tentunya perawatan dan pertumbuhan menjadi tanggung jawab bersama.

Dino Franklin Edwarsius selaku senior Mahasiswa Universitas Nusa Cendana Program Studi Agro Teknologi yang turut hadir bersama 29 Mahasiswa lainnya dalam aksi peduli gerakan kupang hijau menjelaskan bahwa kehadiran mahasiwa bukan hanya sebatas menanam pohon untuk menghijaukan Kota Kupang. Tapi lebih dari itu, diharapkan bahwa setelah pohon-pohon ditanam, lokasi penanaman pohon menjadi terlihat lebih baik karna ada tambahan tanaman berupa sejumlah pohon yang ditanam. Franklin menekankan bahwa sebagai mahasiwa, siap untuk bersinergi dengan pemerintah bekerja sama menanam pohon demi menghijaukan Kota Kupang. (*/pkp/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed