oleh

Ahli Biologi Mengklaim Virus Corona Bukan dari Hewan

Sabun Herbal Cyrus

Jakarta, RNC – Para ilmuwan mengklaim bahwa penyebaran virus Corona bukan berasal dari pasar Wuhan. Hal ini diungkapkan oleh Alina Chan, seorang ahli biologi molekuler dan Shing Zhan ahli biologi evolusi dari China.

Dikutip dari Detik.com, ahli biologi ini percaya bahwa dari data yang telah dianalisis, virus itu dibawa ke pasar oleh seseorang yang memang sudah memiliki penyakit itu dan menularkannya.

Mereka meyakini saat dilihat dari data genetik yang tersedia, sama sekali tidak menunjukkan adanya penularan silang spesies di pasar. Para ahli biologi ini bersikeras bahwa penularan hewan ke manusia atau zoonosis yang disebut sebagai media penularan pertamanya harus kembali diselidiki.

“Kemungkinan ada prekursor yang direkayasa secara non-genetik dapat beradaptasi dengan manusia, dan itu harus dipelajari serta dipertimbangkan lagi di laboratorium,” tulis makalah tersebut yang dikutip dari Daily Star, Senin (18/5/2020).

Namun, jika ini ingin diselidiki kembali akan sulit dilakukan. Hal ini karena pasar telah ditutup dan didesinfeksi.

“Lokasi utamanya benar-benar sudah dibersihkan. Bagaimana kita bisa menyelesaikan kasus ini tanpa bukti?,” kata pakar Universitas Hong Kong, Guan Yi.

“Bukti yang sangat kuat menunjukkan bahwa wabah tersebut terkait dengan adanya paparan di satu pasar makanan laut di Wuhan,” kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu. (sao/up/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed