oleh

Dampak Badai Seroja Melemah, BMKG: Warga Harus Tetap Waspada

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Siklon Tropis Seroja yang berdampak ke bencana di NTT kini sudah menjauhi wilayah Indonesia. Namun BMKG mengimbau warga tetap waspada dengan pengaruh tidak langsung Siklon Tropis Seroja.

“Dari peta ini terlihat bahwa Siklon Tropis Seroja saat ini sudah bergerak menjauhi wilayah Indonesia menuju ke Samudera Hindia sebelah barat Australia,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Iklan Dimonium Air

Berdasarkan pantau Satelit Himawari, menjauhnya Siklon Seroja, membuat pengaruhnya ke Indonesia melemah. Namun, Dwikorita mengingatkan siklon ini bergerak ke bagian barat daya sehingga ada potensi hujan di wilayah NTB hingga wilayah Jawa Tengah.

“Dan akan terlihat nanti kami memprediksi setelah tanggal 7 yaitu tanggal 8-9, pengaruh dari Siklon Seroja ini sudah semakin melemah. Meski pun dapat juga berkembangnya semakin kuat ke arah barat daya,” ujar Dwikorita.

“Jadi secara umum dampak terhadap cuaca saat ini dari Siklon Tropis Seroja berupa masih terjadi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat petir, angin kencang, tapi justru bergeser atau sampai ke wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat serta hujan dengan intensitas sedang di Nusa Tenggara Timur,” sambungnya.

badai seroja
Badai Seroja ditunjukkan oleh aplikasi Windy.com tampak sudah menjauh dari wilayah NTT ke arah barat daya menuju Samudera Hindia.

Khusus untuk wilayah NTT, BMKG memprediksi hujan mengguyur dalam intensitas sedang. Hal ini berdasarkan dari semakin menjauhnya Siklon Seroja.

“Jadi poinnya Nusa Tenggara Timur intensitas hujannya sudah mulai menurun yang sebelumnya sangat lebat, kemudian menurun menjadi lebat, dan saat ini sedang dan diharapkan nanti segera juga berkembang menjadi ringan,” ucapnya.

Bergeraknya Siklon Tropis Seroja ke bagian barat daya menurut BMKG patut diwaspadai oleh warga di wilayah NTB hingga Jawa Tengah. Dia mengatakan dampak Siklon Tropis Seroja ini tak berpengaruh langsung ke wilayah tersebut.

“Dampak ini tidak hanya berfokus di Nusa Tenggara Timur, jadi ini perlu ada kewaspadaan untuk wilayah Bali, termasuk juga Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jogjakarta dan Jawa Tengah dari pengaruh tidak langsung dari Siklon Seroja,” imbuhnya. (*/rnc)

  • 13
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed