oleh

Kepala UPTD Puskesmas Korbafo Musnahkan Obat dan Makanan Kedaluwarsa

Ba’a, RNC – Rabu (15/7/2020) sekitar pukul 10.00, bertempat di halaman depan UPTD Puskesmas Korbafo, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, digelar acara pemusnahan makanan kedaluwarsa dan obat keras berlogo merah.

Pemusnahan ini digagas oleh Kepala UPTD Puskesmas Korbafo, Mat Y. Poy, SH.M.Kes yang bersinergi dengan Forkopimcam Pantai Baru. Mat menjelaskan pemusnahan makanan kedaluwarsa dan obat-obat keras atau berlogo merah merupakan salah satu agenda kerja UPTD Puskesmas Korbafo tahun 2020 ini, yaitu pemantauan dan pengawasan terhadap makanan dan minuman kedaluwarsa serta penjualan obat-obat keras, atau berlogo merah yang tidak diizinkan dijual di kios-kios.

BACA JUGA: Kapus Korbafo: Jika Ada Nakes Tidak Sosialisasikan Stunting, Laporkan!

“Maksud dari upaya kami ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, teristimewa masyarakat konsumen. Karena dengan adanya penjualan makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa, maka akan berefek pada kesehatan, yaitu bisa sakit, sakit yang kronis maupun akut,” jelas Mat.

Ia menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 maka satu-satunya cara pencegahan adalah meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Jika makanan kedaluwarsa dikonsumsi maka akan menghambat daya tahan tubuh dan sangat berpotensi terinfeksi atau terpapar virus corona.

Ia mengatakan, timnya turun ke lapangan sejak Mei sampai Juni 2020. Mereka mendatangi kios-kios dan melakukan edukasi dan pemahaman kepada pemilik kios. “Kami melakukan pemeriksaan terhadap jualan dan kita temukan ada beberapa jenis bahan/makanan yang sudah kedaluwarsa,” ujarnya.

Mat berpesan kepada kepada para pemilik kios agar memperhatikan jualannya supaya tidak boleh ada yang kedaluwarsa tapi masih dijual. Menurutnya, jika terjadi sesuatu, maka bisa bermasalah hukum, baik pidana maupun secara administrasi.

Razia produk-produk kedaluwarsa ini merupakan kerja sama pihak Puskesmas Korbafo dan Forkopimcam Pantai Baru. “Tadi kita musnahkan makanan, obat dan bumbu dapur kedaluwarsa dengan cara dibakar. Sedangkan untuk minuman kedaluwarsa kita musnahkan dengan cara dituang ke tanah,” ungkap Mat.

Sementara itu, Sekretaris Camat Pantai Baru, Alexander E. Tulle memberikan apresiasi kepada Kepala UPTD Puskesmas Korbafo, Kapolsek Pantai Baru dan Danramil 1627-02 Papela karena sukses melaksanakan kegiatan ini. Ia juga berpesan agar masyarakat memperhatikan tanggal kedaluwarsa saat membeli barang.

BACA JUGA: HUT Ke-18 Kabuaten Rote Ndao, Bupati Beberkan Sejumlah Keberhasilan

Makanan dan minuman kedaluwarsa yang dimusnahkan:
1. Minyak Goreng (Cap Hemat, 3 udang)
2. Biskuit (Interbis, wafer roma, Gary Malkis, Gary Salut, Roma Malkis Abon, Ros Cream, crakers, Nextar, tango, beng-beng, biskuit kanguru)
3. Makanan ringan berbagai merek dan nama
4. Bahan-Bahan Kue (Tepung Maizena, Mentega, Soda Kue, Franbosen, Pewarna Kue, SP, Pemanis Cap Tiga-T)
5. Bumbu Dapur (Lada Super, Ketumbar, Masako, Bumbu Racik Nasi Goreng, saos sambal, saos Abang bakso, tepung bumbu sajiku, tepung bumbu mamasuka, garam beryodium)
6. Mie (Mie Sedap Goreng, Soto, Selera Pedas, Kari Special, Mie Bihun, pop mie)
7. Minuman (ABC white coffee, kopi jahe sidomuncul, jas jus sirsak, kuku Bima rasa anggur, sprite, cola cola, fanta, sirup Marjan, isio plus, segar sari, teh sari murni, segar dingin, Exo abc, Milo Nestle)
8. Teh Mawar, Teh Melati
9. Susu (Prenagent dan Cap Enak)
10. Saos (Saos Sambal, Saos Abang Bakso)
11. Kacang Sukro, Emping Jagung, Jagung Gajah
12. Selai Rasa Nenas
13. Kerupuk udang mamiri
14. ABC Sardines (ikan kaleng)
15. Permen (Happydent white, Kis)

Obat-obatan kedaluwarsa:
1. Amoxicilin 500 mg
2. Asam Mefenamat 500 mg
3. Bodrexin Rasa Jeruk
4. Konidin
5. Bintang Toedjoe
6. Metamizole Sodium
7. Piroxicam
8. Cotrimocxozole
9. Kalpanax Salep
10. Salonpas
11. Kiranti

(rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed