oleh

Pemkab Ende Perketat Prokes di Objek Wisata

Iklan Demokrat

Ende, RNC – Pandemi covid-19 membuat kunjungan wisatawan di Kabupaten Ende menurun. Pengunjung domestik bulan ini hanya 2.500 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban, Selasa (16/3/2021) menjelaskan menurunnya jumlah pengunjung karena pandemi covid-19. Semua objek wisata menerapkan protokol kesehatan berdasarkan Surat Edaran Bupati tanggal 24 Februari 2021, Nomor: BU.440/Par.01/137/2021 tentang Standar Operasional dan Prosedur Kebiasaan Baru (New Normal). Di masa pandemi corona yang diterapkan di objek wisata dan rest area yakni Cleanliness Hygiene, Safety, Environment (CHSE). “Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya episenter atau klaster baru di tempat umum dan fasilitas umum,” kata Martinus.

Iklan Dimonium Air

Ia menjelaskan Cleanliness dapat diimplementasikan seperti menyiapkan sarana mencuci tangan, mencuci tangan dengan sabun dan handtizer, rutin membersihkan toilet. Hygiene berupa menghindari kontak fisik, pengaturan jarak aman, penanganan bagi pengunjung dengan gangguan kesehatan ketika beraktivitas di lokasi wisata. Sedangkan safety atau penerapan keselamatan dapat dilakukan dengan ketersediaan kotak P3K.

BACA JUGA: April, Bandara Aroeboesman Ende Berlakukan Tes Covid-19 dengan GeNose

Sedangkan, environment atau penerapan ramah lingkungan dapat dilakukan dengan penggunaan perlengkapan dan bahan yang ramah lingkungan, pemanfaatan air dan sumber energi secara efisien, pengolahan limbah air dan sampah dilakukan secara cermat.

Lebih lanjut, Martinus menjelaskan sejauh ini terhadap objek wisata yang dikelola, sangat rentan pengumpulan massa. Namun secara perlahan masyarakat sudah mulai sadar. “Mereka datang tapi sudah menjaga jarak dan menggunakan masker meskipun masih ada masyarakat yang tidak tertib, tapi diharapkan agar pengunjung tetap mematuhi prokes,” kata Martinus.

Untuk menggeliatkan pariwisata, kata Martinus, perlu kesadaran bersama. Oleh karena itu, pihaknya terus mengadvokasi masyarakat dan memfasilitasi untuk tetap menjaga keberlangsungan pengunjung pada tempat wisata yang ada. (rnc16)

Baca Juga:  RSUD Ende Kini Sudah Miliki Alat CT-Scan 64 Slice

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed