oleh

Penerimaan PKB Kabupaten Kupang Masih di Bawah 50 Persen

Kupang, RNC – Penerimaan pajak kendaraan bermotor (KB) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Kabupaten Kupang untuk tahun 2020 hampir dipastikan tidak mencapai target akibat pendemi Covid-i9. Hingga 30 Juni 2020 penerimaan PKB masih di bawah 50 persen yakni senilai Rp 10 miliar lebih atau 29 persen.

“Penerimaan pajak kendaraan bermotor pada UPT Samsat Kabupaten Kupang tahun 2020 ini turun drastis akibat lesunya perekonomian sebagai dampak dari Covid-19 yang menjadi faktor penyebab utama penurunan pendapatan,” kata Kepala UPT Samsat kabupaten Kupang, Fred Mone kepada wartawan, Senin (13/7).

BACA JUGA: Akibat Covid-19, Pemkab Kupang Tak Bisa Bangun Infrastruktur Jalan

Fred meneybut hingga saat ini PKB mencapai Rp 10 miliar atau baru sekitar 28 persen. Jika dibanding tahun sebelumnya per 30 Juni 2019 silam sudah mencapai 59-60 persen.

Hingga 30 Juni 2020 ini, realisasi pendapatan masih di bawah 50 persen. Realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) baru mencapai Rp 10 miliar lebih dari target Rp 38 miliar lebih.

Ia menambahkan penurunan PKB karena adanya penangguhan pembayaran, mengingat sejak April hingga 30 Agustus 2020 ini Samsat Kabupaten Kupang memberikan penangguhan atau amnesti PKB bagi yang jatuh tempo.

“Kebetulan Layanan Samsat Keliling kita juga belum jalan. Orang mungkin masih takut untuk bayar pajak ke sini, padahal kita sudah jalankan protokolnya,” imbuhnya.

Sedangkan untuk penurunan bea balik nama kendaraan bermotor, Fred menyebut faktor ekonomi akibat COVID jadi penyebab utama. Mengingat pajak dari pembelian motor baru ini sangat erat hubungannya dengan daya beli masyarakat.

“Biasanya setiap tahun jika ekonominya bagus banyak yang beli motor baru. Tapi tahun ini kondisinya berbeda. Akibat COVID ini ekonomi lesu, daya beli masyarakat pun jauh berkurang,” ujarnya.

Ia mengakui jika target PKB 2020 akan sulit tercapai namun pihaknya akan terus berupaya mengejar target tersebut. salah satunya adalah dengan “door to door” baik dari kecamatan ke kecamatan maupun dari desa ke desa.

BACA JUGA: Care Peduli dan CIS Timor Salurkan Bantuan Tahap II di Kabupaten Kupang

“Salah satu program kita adalah setiap bulan melakukan pelayanan ke kecamatan atau desa yang berada di wilayah Kabupaten Kupang,” katanya.

Menurut Fred, dengan kurun waktu yang hanya tersisa enam bulan ini sangat sulit bagi UPT Samsat kabupaten Kupang bisa mencapai target 2020 ini. Untuk tahun 2020 ini penerimaan PKB berkisar antara Rp 22 miliar lebih atau sekitar 60 persen.

(*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed