oleh

Sepak Bola PON XX: Peserta, Grup, Jadwal dan Venue, NTT di Grup Maut

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Jadwal PON 2021 di Papua berlangsung pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Sebanyak 6.000 atlet dari 34 provinsi akan berjuang merebut medali 37 cabang olahraga (cabor) di PON XX tersebut.

Di antara cabang olahraga PON XX yang menjanjikan sejumlah pertandingan menarik adalah sepak bola putra. Dalam PON 2021 Papua, perebutan medali sepak bola putra hanya melibatkan tim dari 11 provinsi. Semula ada 12 provinsi yang akan mengirim tim di cabor sepak bola putra. Namun, Bengkulu tidak ikut serta dengan alasan masih terjadi Pandemi Covid-19.

Iklan Dimonium Air

Dengan mundurnya Bengkulu, Pulau Sumatra hanya akan diwakili oleh Aceh dan Sumatra Utara. Sedianya, Aceh dan Bengkulu akan berada di Grup C dengan jadwal pertandingan antara keduanya yang seharusnya digelar pada 30 September mendatang.

Selain Aceh dan Sumatra Utara, 9 provinsi lain dipastikan tetap ikut ambil bagian di PON XX Papua. Sembilan provinsi itu ialah Jawa Timur, NTT, Maluku Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Papua, dan juara bertahan Jawa Barat.

Seperti dilansir dari tirto.id, Jawa Barat dan Papua akan tergabung di Grup A bersama Maluku Utara dan NTT. Melihat catatan prestasi, Jawa Barat tentu akan diunggulkan ke babak berikutnya bersama Papua selaku tuan rumah. Sedangkan di Grup B, skuad Jawa Timur asuhan Rudy Keltjes akan bersaing dengan Jawa Tengah, Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan. Adapun Grup C akan dihuni oleh 3 tim: Aceh, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Pada 2016 lalu, Jawa Barat berhasil menjadi juara setelah menang adu penalti 5-4 kontra Sulawesi Selatan. Kala itu Jawa Barat masih diperkuat oleh para pemain seperti Febri Hariyadi, Erwin Ramdani, Gian Zola, maupun Alfath Fathier.
Perjuangan Jawa Barat di babak grup akan dimulai ketika mereka bertanding melawan tuan rumah Papua di Stadion Mandala. Setelah itu, NTT dan Maluku Utara akan menjadi lawan bagi tim asuhan Yudiantara.

Baca Juga:  Jadwal Lengkap PON Papua 1 Oktober: NTT Tampil Hari Ini di Cabang Cricket

Peluang Jawa Barat akan semakin terbuka andai mereka bisa memperoleh izin dari Persib Bandung untuk membawa Beckham Putra Nugraha. Selain Beckham, beberapa pemain Persib lainnya juga berpeluang masuk tim PON 2021, seperti Aqil Savik, Indra Mustafa, Mario Jardel, dan Ferdiansyah.

Sesuai regulasi, setiap tim boleh membawa lima pemain profesional. Sementara itu, tim lain juga melakukan persiapan serius jelang PON XX Papua nanti. Hanya saja beberapa dari mereka juga ada yang mendapatkan kendala karena mundurnya penyelenggaraan dari tahun 2020 ke 2021. Misalnya, Jawa Timur yang kehilangan Aziz Al Ghany dan Faisol Yunus karena kendala regulasi usia.

Daftar Peserta dan Pembagian Grup Sepak Bola Putra PON Papua 2021:

Grup A: Papua, NTT, Maluku Utara, Jawa Barat

Grup B: Jawa Timur, Sumatra Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan

Grup C: Kalimantan Timur, Aceh, Sulawesi Utara

Jadwal dan Venue Babak Penyisihan

27 September:
– Papua vs Jawa Barat (Stadion Mandala)
– Jawa Timur vs Sulawesi Selatan (Stadion Mahacandra Uncen)

28 September:
– NTT vs Maluku Utara (Stadion Mandala)
– Sumatera Utara vs Jawa Tengah (Stadion Mahacandra Uncen)
– Aceh vs Sulawesi Utara (Stadion Barnabas Youwe)

30 September:
– Jawa Barat vs NTT (Stadion Mandala)
– Sulawesi Selatan vs Sumatera Utara (Stadion Mahacandra Uncen)

1 Oktober:
– Maluku Utara vs Papua (Stadion Mandala)
– Jawa Tengah vs Jawa Timur (Stadion Mahacandra Uncen)
– Sulawesi Utara vs Kalimantan Timur (Stadion Barnabas Youwe)

3 Oktober:
– Maluku Utara vs Jawa Barat (Stadion Mahacandra Uncen)
– Papua vs NTT (Stadion Mandala)

4 Oktober:
– Jawa Tengah vs Sulawesi Selatan (Stadion Mandala)
– Jawa Timur vs Sumatera Utara (Stadion Mahacandra Uncen)
– Kalimantan Timur vs Aceh (Stadion Barnabas Youwe)

Baca Juga:  Klasemen Perolehan Medali PON XX 6 Oktober Pukul 07.00: Jabar, Papua dan Jatim Bersaing Ketat

(*/trt/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed