oleh

68 Eks PSK Karang Dempel Dipulangkan, Kemensos Beri Bantuan Rp 416 Juta

Kupang, RNC – Setelah melalui proses yang panjang, para pekerja seks komersial (PSK) yang menghuni lokalisasi Karang Dempel dipulangkan ke kampung halaman, Jumat (4/10/2019). Para eks PSK juga mendapat bantuan biaya pemulangan.

Pemulangan eks PSK ini dirangkai dengan deklarasi “Menuju Indonesia Bebas Prostitusi 2019.” Tampak hadir Direktur Rehabilitasi Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kemensos RI, Drs. Waskito Budi Kusumo, M.Si, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang Elvianus Wairata, unsur Forkopimda Kota Kupang, Ketua Yayasan Warna Kasih (YAWAKAN), Drs. Darius Djara, pimpinan perangkat derah Kota Kupang, Camat Alak Ridhon Alexander Bire,S.IP, para Lurah se-Kecamatam Alak dan Ketua LPM Kelurahan Alak, Yuliana Pau.

Dalam acara ini diserahkan Bantuan Sosial UEP, Bantuan Jaminan Hidup, Bantuan Transport Pemulangan dan Biaya Operasional Lembaga dari Direktur Rehabilitasi Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kemensos RI, Drs. Waskito Budi Kusumo, M.Si yang diterima oleh Pj. Sekda Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si kemudian dibagikan kepada 68 eks PSK Karang Dempel. Total bantuan sebesar Rp 416.000.000,-.

Pj Sekda Kota Kupang Elvianus Wairata mengatakan Pemkot Kupang terus berusaha sejak awal untuk mewujudkan Indonesia Bebas Lokalisasi Prostitusi 2019. Dan akhirnya ini bisa terwujud dengan dipulangkannya eks PSK Karang Dempel melalui bantuan Kementerian Sosial. Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Sosial Kota Kupang juga terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap tempat atau spot lain yang dicurigai juga melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini, meskipun tidak resmi dalam bentuk lokalisasi.

“Saya harap, pendamping dari Dinas Sosial Kota Kupang yang ikut serta dapat membantu memfasilitasi proses administrasi kependudukan di daerah tujuan,” kata Elvianus. Ia juga menyampaikan harapan baiknya kepada eks PSK agar dapat beralih profesi dan mengikuti kegiatan penyuluhan maupun pelatihan di daerah asal sehingga meningkatkan keterampilan yang dimiliki. (*/rnc)

Baca Juga:  Maju Calon Wakil Wali Kota, Don Ara Kian Daftar ke PDIP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *