oleh

Awal Januari 2021 RSUD Kefamenanu Rawat 3 Pasien DBD 

Iklan Covid Walikota Kupang

Kefamenanu, RNC – Memasuki awal tahun 2021, RSUD Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah merawat tiga pasien demam berdarah. Dua pasien di antaranya yakni anak-anak yang kondisinya sudah membaik dan telah dipulangkan. Sementara satu pasien orang dewasa masih dirawat.

Menurut Direktris RSUD Kefamenanu, dr. Theresia saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Selasa (19/2/2021), tiga pasien DBD tersebut merupakan warga Tanah PutiH, Kelurahan Kefa Selatan, dan warga Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, serta satu warga Letmafo, Kecamatan Insana Tengah.

Iklan Dimonium Air

“Pasien yang satu masih dirawat dengan diagnosa penyakit demam dengue. Yang dua sudah sembuh dengan diagnosa penyakit demam berdarah dengue (DBD). Demam dengue belum bisa dikatakan demam berdarah dengue. Demam berdarah dengue kalau sudah ada kebocoran plasma seperti bintik-bintik merah di kulit, hidung berdarah, gusi berdarah dan jumlah trombosit kurang dari 100.000,” jelas dr. Theresia.

BACA JUGA: 73 Anggota Pengda HAKLI Kabupaten TTU Dikukuhkan

Dr. Theresia ditemani Penanggungjawab Program Pendataan RSUD Kefamenanu, Sulis, menjelaskan sesuai data RSUD Kefamenanu tren jumlah kasus DBD empat tahun terakhir sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 bervariasi. Contohnya di tahun 2017 ada dua kasus, sementara di tahun 2018 nihil. Yang mengalami kenaikan ada di tahun 2019 dan tahun 2020.

“Puncak maksimum kasus DBD yang naik drastis terbanyak ada di tahun 2019 antara bulan Maret dan April sebanyak 20 kasus. Sementara yang lebih drastis di tahun 2020 naik hingga 34 kasus,” katanya.

Ia pun berharap dengan kondisi cuaca hujan saat ini, masyarakat dapat menerapkan tindakan preventif membersihkan lingkungan melalui gerakan 3M, yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat. (rnc17)

  • 142
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed