oleh

Frans Lebu Raya di Mata Paulus Rante Tadung

Kupang, RNC – Sosok Frans Lebu Raya ternyata banyak menginspirasi Paulus Rante Tadung, sebagai sesama penggerak koperasi di seluruh wilayah NTT. Karenanya, sebagai mantan kepala Dinas Koperasi Provinsi NTT, Paulus merasa sangat kehilangan setelah mendengar mantan pimpinannya itu meninggal dunia, siang tadi di RS Sanglah Denpasar, Bali.

“Saya merasa kehilangan tokoh yang baik, merakyat, rendah hati, ramah dan menghargai orang lain. Itulah pengalaman saya selama tujuh tahun mendampingi beliau, di bidang pembangunan koperasi di NTT,” ujar Paulus kepada RakyatNTT.com, Minggu (19/12/2021).

Dikatakannya, pada beberapa kesempatan, Frans Lebu Raya sering kali mengungkapkan obsesinya mewujudkan NTT sebagai Provinsi Koperasi. “Saya beberapa kali satu mobil, saat melakukan kunjungan ke daerah – daerah. Beliau suka bercetita dari hal – hal kecil, sampai ke hal – hal yang serius. Sejak dilantik jadi gubernur, salah satu prioritasnya adalah mewujudkan NTT sebagai Provinsi Koperasi,” ungkap Paulus.

Program tersebut, lanjutnya, tidak terlepas dari komitmennya terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat atau ekonomi wong cilik. “Untuk mewujudkan komitmennya tersebut, beliau mengkampanyekan koperasi kepada masyarakat NTT secara masif,” tandas Paulus.

Dia bahkan masih mengingat, ketika bersama almarhum
meresmikan sebuah koperasi di Kabupaten Ende, pada tengah malam. “Ya, saya masih ingat betul. Beliau dan saya serta beberapa rombongan, sekira jam 10 malam, meresmikan sebuah koperasi. Sampai – sampai ada beberapa rombongan yang sudah ngantuk, kecuali saya dan beliau yang tetap semangat, karena impian kami ingin mewujudkan provinsi koperasi,” kata Paulus.

Selama kepemimpinannya sebagai gubernur NTT, masih kata Paulus, koperasi di daerah ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Jumlah koperasi, anggota dan asetnya, meningkat tajam. “Atas pencapaian tersebut, NTT mendapat penghargaan sebagai Provinsi Koperasi tahun 2010, dari Menteri Koperasi,” sebut Paulus.

Baca Juga:  Evaluasi LPPD, Pemkot Kupang Raih Status Berkinerja Sedang, Lebih Tinggi dari Pemprov NTT

Dikatakannya, secara nasional, NTT dikenal sebagai gudangnya koperasi yang baik dan berkualitas. Hal ini membuat Frans Lebu Raya, makin semangat memajukan koperasi di Bumi Flobamora. “Dan, atas prestasi tersebut, beliau mendapat penghargaan Satya Lencana Pembangunan, dan Bintang Jasa dari Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono,” kata Paulus.

Kepergian Frans Lebu Raya, ujarnya, merupakan kehilangan dunia koperasi di NTT, namun jasa – jasanya akan selalu dikenang oleh gerakan koperasi di daerah ini. “Namanya banyak tercatat dalam buku tamu, dan buku daftar anggota koperasi di NTT. Selamat jalan Bapak Frans Lebu Raya,” pungkas Paulus Rante Tadung. (rnc14)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar