oleh

Ganjar-Mahfud Siap Lanjutkan Cita-Cita Soekarno-Hatta

Jakarta, RNC – Bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Mahfud MD memastikan akan melanjutkan cita-cita Bung Karno menjadikan Indonesia emas, maju, adil dan beradab. Hal itu disampaikan Mahfud di Kantor DPP PDI-Perjuangan, Jalan Diponogoro, Menteng, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

“Bung Karno dan Bung Hatta telah mengantarkan bangsa Indonesia ke pintu gerbang emas kemerdekaan Republik Indonesia. Mas Ganjar dan saya bersama-sama seluruh rakyat indonesia akan melanjutkan upaya mewujudkan cita-cita menuju Indonesia emas tahun 2045,” kata Mahfud.

Menurut dia, cita-cita Indonesia menjadi bangsa yang maju adil dan beradab dalam rangka menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 akan terwujud jika sejumlah syarat dilakukan. Seperti ideologi bangsa yang kokoh, ekonominya baik, hukum dan keadilannya ditegakkan, politiknya demokratis, budaya gotong royongnya hidup. Serta mengendapkan persaudaraan.

“Jika penegakan hukum dilakukan dengan benar maka setengah masalah dari bangsa ini Insya Allah tuntas. Kalau hukumnya bagus maka segala aspek kehidupan masyarakat akan baik,” katanya.

Juga pada bidang sosial politik budaya, pertahanan keamanan dan prioritas pemberantasan korupsi, kepastian hukum dan konsistensi dalam implementasi penegakannya. Hal ini memberi jaminan bagi investasi dan pembangunan ekonomi serta memberi perlindungan kepada masyarakat dalam pembangunan politik negara.

Menurut dia, demokrasi dimana kekuasaan berada di tangan rakyat dalam implementasinya demokrasi membutuhkan nomokrasi. Demokrasi adalah kedaulatan rakyat sedangkan nomokrasi adalah kedaulatan hukum. Demokrasi tanpa nomokrasi akan sewenang-wenang sehingga keduanya harus berjalan seiring dan seimbang.

“Demokrasi menghargai perbedaan dan perbedaan itu adalah fitrah ciptaan Tuhan, perbedaan diantara manusia baik ras Suku maupun agama itu karena diciptakan dan dikehendaki oleh Tuhan, ” jelas dia. (*/okz/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *