oleh

Mesin Mati di Tengah Laut, 4 Orang Nelayan Kupang Nyaris Tenggelam

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Sebanyak 4 orang nelayan asal Kupang nyaris tenggelam saat perahu yang mereka tumpangi mengalami mati mesin, Senin (6/9/2021) malam. Perahu mengalami mati mesin saat gelombang tinggi dan angin kencang di Tanjung Usu wilayah Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao.

Empat nelayan yang sempat terombang-ambing di tengah laut yakni Yansis Riwu (40), Dekron Lobo Haba (27), Aten Ratu Nona (27) dan Ukra Mane Ata (29).

Iklan Dimonium Air

Beruntung mereka ditemukan dan diselamatkan tim Basarnas yang langsung melakukan evakuasi. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer, SE., MM yang dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/9/2021) mengakui, pihaknya mendapat laporan terkait insiden ini pada Senin (6/9/2021) pukul 17.32 Wita.

“Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang menerima laporan dari Ama Riwu bahwa 1 buah perahu motor dengan Person On Board (POB) 4 orang yang mengalami mati mesin,” jelasnya dilansir dari digtara.com.

Dari laporan yang diterima, diketahui bahwa pada Senin (6/9/2021) sekitar pukul 16.40 Wita, 1 buah perahu motor mencari ikan. Sekitar pukul 17.55 wita, diberangkatkan Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang 3 orang dan ABK 5 orang dengan menggunakan RIB 10 Kupang dilengkapi Palsar pendukung lainnya menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.

Pukul 21.19 Wita, perahu motor tersebut berhasil ditemukan pada koordinat 10˚33,825″S – 123˚26,983″E. “Semua korban dalam keadaan selamat,” tambahnya.

Selanjutnya Tim Rescue membantu perbaikan mesin dengan accu yang dititipkan pihak keluarga. Sekitar pukul 21.33 Wita, perahu dan 4 nelayan ini berhasil diamankan di Pelabuhan Papela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, dan melanjutkan perbaikan.

“Dengan ditemukannya, perahu motor tersebut, operasi SAR dinyatakan selesai. Semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,” tandasnya.

Baca Juga:  Hendak Pasang Gigi Palsu, Mantan Anggota Dewan di Kupang jadi Korban Dokter Gigi Palsu

(*/dig/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed