oleh

Dakwaan JPU kepada Randy Badjideh, Berdampak pada Ira Ua

Kupang, RNC – Dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyatakan hukuman mati terhadap pelaku Randy Badjideh yang diduga kuat membunuh Astri Manafe dan anaknya Lael Maccabe, dinilai tepat dalam penegakan hukum. Hal ini juga akan berdampak pada penilaian hukum atas keterlibatan Ira Ua dalam kasus pembunuhan tersebut. Penegasan itu disampaikan Kuasa Hukum keluarga korban, Adhitya Nasution, Senin (18/7/2022) sore.

Sekedar tahu, dalam sidang kasus pembunuhan dengan agenda mendengar dakwaan atau tuntutan terhadap Randy Badjideh, JPU menuntut hukuman mati. Pasalnya, seluruh keterangan Randy Badjideh diduga kuat tidak memiliki bukti terkait dirinya hanya membunuh korban Astry, dengan alasan telah membunuh Lael Maccabe.

Dikonfirmasi RakyatNTT.com via telepon, Adhitya menyampaikan apresiasi atas komitmen Tim Jaksa yang tetap berkomitmen dalam tuntutan hukum maksimal. Menurutnya, dari dakwaan JPU, telah jelas membantah berbagai keterangan Randy Badjideh yang dijadikan sebagai dasar dalam BAP dan materi rekonstruksi, pada titik pembunuhan di area parkir rumah jabatan bupati Kupang (Hollywood).

“Apalagi yang terkait dengan eksekusi di depan Hollywood, saya rasa jaksa tentu punya pandangan tersendiri terkait dengan kenapa tuntutan tidak seperti adegan pembunuhan,” ungkapnya. Ia menambahkan, dakwaan yang dikeluarkan JPU adalah terobosan yang baik dalam mengupas kasus tersebut di Pengadilan saat ini. Sebab, secara logika, Astry sebagai seorang ibu yang mengasuh anaknya sendirian, tak akan melakukan hal keji yang mengakibatkan anaknya meninggal.

Kuasa Hukum keluarga Manafe ini juga menilai, dari tuntutan maksimal dalam sidang tersebut, secara jelas akan berdampak dalam materi pokok persidangan bagi pelaku lainnya, yakni Irawati Ua. Karena itu, besar harapan adanya putusan Pengadilan yang sama dengan tuntutan JPU. “Tentu setelah putusan, kami berharap persidangan terhadap IU juga bisa menyingkap tabir yang selama ini kami lihat belum terbuka. Kami berharap putusan Randy maksimal, dan proses persidangan Ira Ua juga bisa terbuka semuanya,” pungkas Adhitya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *