oleh

Vaksin Covid-19 Tiba, 1.114 Nakes Kota Kupang Bakal Divaksin

Kupang, RNC – Pemerintah Kota Kupang telah mempersiapkan data para tenaga kesehatan (Nakes) untuk divaksin guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kepada RakyatNTT.com, di ruang kerjanya, Senin (4/1/2021), Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowaty M.Kes menjelaskan saat ini dinasnya telah menginput sebanyak 1.114 tenaga kesehatan di RSUD S.K. Lerik, Dinas Kesehatan Kota Kupang dan 23 pusat kesehatan masyarakat.

“Sementara untuk fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang lain bakal mengisi sendiri sesuai dengan Paswer (Nakes) yang ada,” ungkapnya.

Ia menambahkan Pemprov NTT meminta agar Dinkes Kota Kupang menginput semua RS yang ada di Kota Kupang. Oleh karena itu, saat ini Dinkes Kota Kupang sedang melakukan penyesuaian data dari setiap RS di Kota Kupang.

Retno menjelaskan vaksinasi awal akan dilakukan untuk para tenaga kesehatan. Ia memastikan pelaksanaannya akan berjalan baik. Saat ini masih menunggu semua data rumah sakit dan persiapan teknis lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV Ricard Odja menyambut baik upaya pemerintah melakukan vaksinasi kepada para nakes. Pasalnya, merekalah yang berada paling depan untuk menangani semua pasien.

BACA JUGA: 7 Koli Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Kupang, 6.600 Nakes Segera Divaksin

“Vaksin ini akan menjadi alat baru atau tameng baru, yang mana untuk menjaga kekebalan tubuh, dan mereka bisa terhindar dari segala macam virus,” ucapnya.

Ia juga mengatkan, selain vaksin untuk menjaga kekebalan tubuh, Pemkot harus memberikan dukungan untuk meningkatkan imunitas tubuh para Nakes, yakni dengan mengucurkan dana lebih bagi penyediaan konsumsi makanan yang bernutrisi, agar para Nakes selalu bugar dalam menjalankan tugas pokoknya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli juga mengaku bersyukur karena vaksin covid-19 akhirnya tiba di Kupang. Oleh karena itu, ia meminta agar proses vaksinasi harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku. Pemberian vaksin dilakukan kepada kelompok-kelompok prioritas. Juga tidak boleh disalahgunakan. “Dengan adanya vaksin ini dapat membantu mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kota Kupang ini. Tetapi kita semua tetap harus selalu mengikuti protokol kesehatan yang ada. Sambil menunggu vaksin selanjutnya yang dikirimkan pemerintah pusat untuk kelompok masyarakat lainnya,” kata Adi. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed