oleh

Verifikasi Faktual Selesai, Paket AYO Optimis jadi Kontestan di Pilkada TTU

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Agustinus Talan dan Yosep Akoit (Paket AYO) yang maju melalui jalur independen/perseorangan, optimis dapat memenuhi syarat pencalonan dan ditetapkan KPU menjadi kontestan di Pilkada.

Kepada RakyatNTT.com, Agus Talan mengatakan, tahapan verifikasi faktual berkas dukungan calon independen yang dimulai pada 24 Juni, telah berakhir pada 12 Juli 2020. Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh PPS di tingkat desa/kelurahan, akan dilakukan pleno rekapitulasi jumlah dukungan oleh PPK di tingkat kecamatan. Selanjutnya disusul dengan pleno rekapitulasi oleh KPU kabupaten/kota di tingkat kabupaten/kota.

“Setelah pleno di tingkat kabupaten, baru kita tahu hasilnya seperti apa,” ujar mantan Ketua DPRD TTU saat diwawancara via sambungan selular, Senin (13/7/2020).

Agus menyebutkan, jumlah dukungan minimal yang harus dipenuhi calon perseorangan untuk maju dalam Pilkada TTU sebanyak 16.805 dukungan (KTP). Sedangkan jumlah KTP yang dimasukan paket AYO untuk diverifikasi oleh KPU sebanyak 18.634. “Setelah verifikasi faktual, kalau dukungan yang memenuhi syarat kurang dari 16.805, maka sesuai ketentuan kita akan masukkan KTP sebanyak dua kali lipat dari jumlah yang kurang tersebut. Tapi kalau pas atau lebih, KTP tidak perlu dimasukkan lagi,” katanya.

Meski belum mendapat kepastian dari KPU soal hasil verifikasi faktual, Agus mengaku telah menyiapkan KTP tambahan untuk mengantisipasi apabila terjadi kekurangan dukungan. “Setiap hari ada KTP yang masuk. Jadi mau kurang berapa banyak, kita siap masukkan KTP untuk perbaikan atau melengkapi kekurangan yang ada. Kami sudah persiapkan dengan baik, jadi saya optimis paket AYO tetap lolos pencalonan,” ungkapnya. (rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed