oleh

Anggota DPRD Yeni Veronika Beri Bantuan untuk Puskesmas di Mabar

Ruteng, RNC – Anggota DPRD Provinsi NTT dari Fraksi PAN, Yeni Veronika, SH., memberikan bantuan dana untuk pembangunan bak sampah medis di Puskesmas Datak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat (Barat), Jumat (7/1/2022). Bantuan dana sebesar Rp5.000.000,00 tersebut, sebagai bentuk komitmen dan dukungan Yeni terhadap instansi kesehatan.

Yeni Veronika menjelaskan, pada kunjungan sebelumnya ia memantau langsung aktivitas dari para tenaga medis di Puskesmas itu. Selain itu, ia memantau kondisi fisik sarana dan prasarana (sapras) pendukung kerja nakes.

Iklan Dimonium Air

“Karena mereka belum punya (tong sampah limbah medis), makanya saya bantu dana secara pribadi. Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan di Puskesmas,” kata Yeni usai memberi bantuan.

Legislator asal Manggarai itu mengatakan, lingkungan yang sehat akan memberi kenyamanan bagi manusia. Dengan adanya bak penampungan sampah membuat para petugas medis, pasien atau masyarakat yang datang berobat terganggu dengan aroma limbah medis.

“Ini tentunya ada kaitan dengan kesehatan. Jadi kalau lingkungan bersih, rapi, tentu orang-orang bisa sehat. Tapi kalau lingkungan kotor, sampah berserakan tentu juga lingkungan juga menjadi kumuh,” katanya.

Istri mantan Bupati Manggarai, almarhum Kamelus Deno itu mengatakan, dirinya selalu termotivasi untuk membantu setiap stakeholder yang melayani masyarakat termasuk di bidang kesehatan. Pelayanan kesehatan pada masyarakat di tingkat Kecamatan sampai Desa harus didukung. Sehingga para nakes dapat meningkatkan kualitas sistem pelayanan terhadap masyarakat.

“Maka secara pribadi, walupun tidak seberapa dimana prioritas dibutuhkan saya membantu. Kalau berharap semua dari APBD tentu tidak bisa dialokasikan semua. Nah yang saya alokasikan tidak ada, salah satunya tadi itu,” katanya.

Ia pun berharap, agar pemerintah terus memberikan perhatian terhadap instansi kesehatan. Setiap pihak berkolaborasi memberikan dukungan sesuai dengan tingkatan masing-masing. Mulai dari yang ada di Propinsi melalui APBD I, maupun di Kabupaten melalui APBD II.

Baca Juga:  PDI Perjuangan: Selamat Jalan Pejuang Partai..!

“Kalau berkaitan dengan pembuatan sampah saya rasa APBD II yang bisa bantu untuk puskesmas-puskesmas yang ada di Manggarai Barat. Juga kabupaten lainnya untuk pengadaan bak sampah tertutup, agar sampah-sampah tersebut tidak terserak,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Datak, Benyamin Maunukefi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Anggota DPRD Provinsi NTT, Yeni Veronika. Ia mengaku, bak penampungan sampah adalah kebutuhan prioritas saat ini.

Tahun 2022 Puskesmas Datak akan melakukan reakreditasi. Hasil penilaian sebelumnya ditemukan bahwa Puskesmas Datak diberi kriteria penilaian yaitu harus punya tempat untuk menyimpan limbah medis dan non medis.

“Atas dasar itu kemarin saya secara pribadi maupun kelembagaan minta bantuan kepada beliau untuk bisa memberikan sumbangan. Puji Tuhan beliau hari ini hadir menepati janjinya. Jadi kami mengucapkan terima kasih untuk bantuan beliau dan nanti sebagai bahan laporan kami akan sampaikan jika pembangunan yang sudah selesai,” katanya.

Untuk diketahui, bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Yeni Veronika dan diterima oleh Kapus Datak. Serah terima bantuan disaksikan langsung oleh tenaga medis di Puskesmas tersebut. (rnc23)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed