oleh

Jawab Tuntutan Global, Undana Kirim Lima Mahasiswa Ikut Program Internasional di Jerman dan Filipina

Kupang, RNC – Dalam rangka menjawab tuntutan global dan memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa, Universitas Nusa Cendana (Undana) kembali mengirim 5 mahasiswa untuk mengikuti program internasional bergengsi di Jerman dan di Filipina.

Para mahasiswa tersebut yakni dari Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknik (FST) atas nama Junita Christi Soewongson yang akan mengikuti program 10th Heidelberg Laureate Forum 2023 di Jerman dari tanggal 24-29 September. Selanjutnya, Piela Banlamarto Ansgar Djahimo dan Maryo Felixtho Kasse Putra (mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Charis Febrian Djami dan Valleria Fillia Parera, mahasiwa dan mahasiswi FKIP Matematika, mereka akan mengikuti program “SEA-Teacher” di Don Mariano Marcos Memorial State University, Filipina, sejak tanggal 24 September hingga 20 Oktober 2023.

Dua program internasional tersebut akan menawarkan pengalaman belajar dan budaya yang tak ternilai harganya bagi mahasiswa Undana. Dalam program “10th Heidelberg Laurate Forum 2023” di Jerman, mahasiswa Undana akan bergabung dengan para pemikir terkemuka dalam bidang Matematika dan Ilmu Komputer dalam pertukaran interdisipliner. Program ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk terhubung dengan para pionir ilmiah dan mengambil pengalaman dari para “laureates” tentang bagaimana mereka meraih prestasi di bidangnya. Sementara itu, program “SEA-Teacher” di Filipina adalah kesempatan bagi mahasiswa Undana dalam bidang pendidikan.

Pelepasan kelima mahasiswa dilakukan oleh Warek II Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si, Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Warek IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, Dekan Fakultas Sains dan Teknik (FST), Prof. Philipi de Rozari, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Malkisedek Taneo, M.Si, beserta para dosen Undana. Pelepasan dilakukan Aula Lantai 3 Rektorat Undana, 21 September 2023.

Baca Juga:  UKT Naik Drastis, Alumni LPDP UGM Ini Desak Presiden Copot Menteri Nadiem

Warek II Undana, Dr. Paul dalam sambutannya mengatakan, dengan mengikuti kedua kegiatan ini, merupakan kebahagiaan dan kebanggan tersendiri. Karena itu, ia berharap agar mahasiswa dapat berbagi pengalaman dan memberi dampak bagi bagi mahasiswa lainnya di Undana.

Ia menjelaskan, selain berfokus pada pengembangan akademik, kedua program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami budaya, masyarakat dan teknologi di negara tujuan mereka. “Ini akan membantu mahasiswa Undana membangun keterampilan antarbudaya dan teknologi yang penting dalam dunia yang semakin terhubung,” tuturnya.

Warek III Undana, Dr. Sipri dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada mahasiswa yang akan berangkat agar tetap menjaga nama baik institusi serta menjaga keharmonisan dan kesehatan dalam mengikuti program ini. Ia juga mendorong mahasiswa agar selalu berusaha tampil prima dan yang memberikan yang terbaik. Dr. Sipri berharap agar mahasiswa yang mengikuti kedua program tersebut tidak lupa memperkenalkan budaya Indonesia terkhususnya NTT melalui busana adat.

Sementara itu, Warek IV Undana, Prof. Jefri Bale mengatakan, dengan pengiriman mahasiswa Undana ke luar negeri merupakan hal yang sangat penting dan sebagai bukti nyata Undana melayani stakeholder utamanya yaitu mahasiswa. “Pelepasan mahasiswa ini juga adalah bagian dari komitmen Undana untuk memberikan pengalaman belajar terbaik kepada mahasiswa. Diharapkan juga kalian setelah pulang dapat membawa dampak dan manfaat serta memanfaatkan media sosial untuk membagikan pengalaman kalian di sana,” tutur Prof. Jefri.

Ia berharap mahasiswa yang mengikuti program internasional ini akan kembali dengan pengetahuan yang lebih dalam, wawasan yang lebih luas, dan keterampilan yang lebih matang. Dengan demikian ini akan membantu mereka dalam mencapai kesuksesan di masa depan. Program-program ini juga merupakan bukti nyata bahwa Undana semakin aktif dalam menciptakan peluang internasional bagi mahasiswa dan memperkuat reputasinya sebagai universitas berstandar global.

Baca Juga:  Ini Gebrakan Jeriko di Bidang Pendidikan, dari Bagi-bagi Buku dan Seragam hingga Beasiswa

Untuk diketahui, dua mahasiswa lain dari Undana juga sedang menunggu giliran untuk mengikuti kedua program tersebut pada bulan Oktober mendatang. (*/hms/und/rnc)

 

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *