oleh

Pengamat Politik Ikut Soroti Pelanggaran Prokes Bupati Manggarai

Iklan Covid Walikota Kupang

Ruteng, RNC – Pengamat politik dan dosen ilmu politik Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Yohanes Jimy Nami menanggapi video Bupati Manggarai Heribertus G. L. Nabit yang diduga melanggar protokol kesehatan saat bernyanyi dan bergoyang bersama sekelompok orang.

Jimy Nami mengatakan, seharusnya Bupati Hery sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 menjadi role model dalam protokol kesehatan di Kabupaten Manggarai. Hal itu harus terafirmasi pada semua aktivitasnya.

Iklan Dimonium Air

“Sebagai kepala daerah, beliau tentunya menjadi patron dalam setiap aktivitas publik. Jadi mesti bisa mengkampanyekan prokes secara lebih progresif,” jelasnya kepada saat dihubungi RakyatNTT.com, Sabtu (12/6/21) pagi.

Menurut Jimy Nami, sebagai pemimpin di pemerintahan, semua aktivitas Hery Nabit dengan sendirinya akan diikuti atau ditiru oleh masyarakat. Termasuk saat ia menaati atau tidak menaati prokes.

“Ya saya punya ketakutan masyarakat akan apatis terkait prokes. Aktivitas ruang publik menjadi tidak disiplin lagi dan kalau sudah seperti ini tentu laju sebar covid-19 akan susah dikendalikan,” jelasnya.

Jika hal ini terjadi maka akan berdampak buruk pada kondisi ekonomi pemerintah daerah dan masyarakat Manggarai.

“Rawan bagi kehidupan masyarakat manggarai dan akan menambah beban kerja gugus tugas itu sendiri,” tutupnya.

Sebelumnya, dugaan pelanggaran atau tidak taat prokes Bupati Manggarai mendapat sorotan dari salah satunya praktisi hukum dari Kantor Hukum Edi Hardum dan Partners Law Firm, Siprianus Edi Hardum. Edi Hardum meminta pihak kepolisian memanggil dan memeriksa orang nomor satu di Manggarai itu untuk dimintai keterangan dan klarifikasi terkait video yang sedang viral itu.

Video Bupati Hery yang viral pertama kali pada Kamis (10/6) itu terus menjadi bahan perbincangan masyarakat Manggarai, terutama para netizen. Namun hingga saat ini, politisi PDIP itu belum memberikan klarifikasi terkait dugaan pelanggaran yang telah ia lakukan. (rnc23)

Baca Juga:  Covid-19 Melonjak Tajam, Tolong Perketat Penerapan Prokes!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed