oleh

Pilkada 9 Kabupaten di NTT, Semua Incumbent Gagal Total

Kupang, RNC – Pilkada 2020 menyisakan cerita menarik. Dari 9 daerah yang menyelenggarakan pilkada, hampir semuanya memiliki calon petahana (incumbent), minus Kabupaten TTU.

Menariknya, semua petahana gagal bertahan alias gagal total. Untuk diketahui, bupati petahana yang bertarung di Pilkada 2020, masing-masing Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole dan Bupati Ngada Paulus Soliwoa.

Selanjutnya, pasangan bupati-wakil bupati petahana antara lain Bupati-Wabup Manggarai Deno Kamelus-Victor Madur dan Bupati-Wabup Belu Willybrodus Lay-JT Ose Luan. Selain itu, ada juga wakil bupati yang bertarung di pilkada menjadi calon bupati, antara lain Wabup Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, Wabup Manggarai Barat Maria Geong dan Wabup Sumba Barat Marthen Ngailu Toni.

BACA JUGA: Final! Jagoan Partai Demokrat Kalahkan Incumbent di Sumba Barat

Menariknya, tak satupun yang menang. Semua kalah. Kalah tipis hingga kalah telak. Dimulai dari Kabupaten Belu, sesuai hasil pleno di 12 kecamatan, paslon incumbent Willybrodus Lay-JT Ose Luan (Paket Sahabat) kalah tipis, yakni 247 suara dari paslon penantang Agus Taolin-Aloysius Haleserens (Paket Sehati). Paket Sahabat memperoleh 50.376 suara (49,8%) sedangkan Paket Sehati memperoleh 50.623 (50,2%). Selisih 247 suara. Di kabupaten ini hanya ada dua paslon.

Paket Sahabat dalam pilkada 2020 diusung koalisi besar, yakni Partai Demokrat, PDIP, Gerindra, PAN, PPP, dan Hanura. Sedangkan Paket Sehati diusung Partai Nasdem, Golkar, PKB, PKS, dan PKPI.

Kemudian bergeser ke Malaka yang hanya memiliki dua paslon. Calon bupati incumbent Stefanus Bria Seran yang kali ini berpasangan dengan Wandelinus Taolin (Paket SBS-WT) juga terjungkal. Sesuai hasil pleno 12 kecamatan, Paket SBS-WT memperoleh 49.906 suara (49,51%). Sementara paslon penantang Simon Nahak-Kim Taolin (SN-KT) memperoleh 50.890 suara (50,49%). Selisih 984 suara.

Padahal, pasangan SBS-WT didukung koalisi besar yakni Partai Golkar, Nasdem, Demokrat, PDIP, Hanura, dan Gerindra dengan total 20 kursi di DPRD. Sedangkan paslon penantang, SN-KT hanya didukung tiga parpol, yakni Perindo, PKB dan PSI yang hanya memiliki 5 kursi.

Selanjutnya, menuju Sabu Raijua. Di kabupaten seribu lontar ini, ada 3 paslon yang bertarung. Sang incumbent, Nikodemus Rihi Heke berpasangan dengan Yohanis Uli Kale (Paket 2M) diusung Partai Nasdem dan PKB.

Selanjutnya, paslon penantang yakni Orient Riwu Kore-Thobias Uly (IE RAI) didukung koalisi PDIP, Demokrat, Gerindra, Perindo, dan PSI. Sementara paket Takem Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba (TRP-Hegi) bertarung dari jalur independen, namun didukung Partai Golkar, Hanura dan PAN.

Berdasarkan real count KPU yang sudah menginput 100% suara TPS (180 TPS), calon incumbent, paket 2M memperoleh 13.292 suara atau 30,1%. Paket IE RAI memperoleh 21.357 suara atau 48,3% dan TRP-Hegi memperoleh 9.569 suara atau 21,6%. Paslon incumbent kalah 8.065 suara dari paket IE RAI. Dari 6 kecamatan, incumbent hanya menang 1 kecamatan. Sisanya 5 kecamatan disapu bersih paket IE RAI.

Menyeberang ke Sumba Timur. Pilkada Sumba Timur juga hanya diikuti dua paslon. Pasangan Kristofel Praing-David Melo Wadu (Paket Sehati) didukung koalisi besar yakni PDIP, Nasdem, PAN, Hanura, Demokrat, Gerindra, dan PKPI. Lawannya adalah pasangan Umbu Lili Pekuwali-Yohanes Hiwa Wunu (ULP-YHW) yang didukung Partai Golkar dan PKB. Umbu Lili Pekuwali merupakan wakil bupati Sumba Timur saat ini.

Berdasarkan hasil hitung cepat versi Paket Sehati, Paket Sehati memperoleh 49.672 suara atau 58,30% dan paket ULP-YHW memperoleh 35.525 suara atau 41,70%. Tak beda jauh dengan real count KPU, hingga Selasa (15/12/2020) sudah menginput 83,62% TPS, di mana paket Sehati memperoleh 67.344 suara atau 56,9% dan paket ULP-YHW memperoleh 50.964 suara atau 43,1%.

Senasib dengan tetangganya, incumbent Sumba Barat juga keok. Di Sumba Barat, ada 4 pasangan calon. Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole kali ini berpasangan dengan Gregorius Pandango (Paket Niga-Oris) diusung Partai Gerindra, Nasdem, PAN. Selanjutnya, Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni berpasangan dengan Agustinus Bernadus Bora (Toni-Agus) diusung PDIP dan PKB.

BACA JUGA: Unggul 247 Suara, Paket Sehati Resmi Menangi Pilkada Belu

Dua paslon lainnya adalah Yohanis Dade dan John Lado Bora Kabba (John-John) diusung Partai Demokrat dan Perindo. Selanjutnya pasangan Daniel Bili-Timotius Tede Ragga (Animo) diusung Golkar, PSI, dan Hanura.

Sesuai hasil pleno PPK, paket John-John memperoleh 19.534 suara (29,9%), paket Toni-Agus 8.374 suara atau 12,8%, paket Niga-Oris 19.471 atau 29,8% dan paket Animo 17.932 suara atau 27,4%. Paket John-John akhirnya menumbangkan bupati petahana hanya dengan selisih 63 suara atau 0,1%.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed