oleh

10 Desa di Nagekeo jadi Lokus Stunting, Dapat Program Sanitasi Perdesaan

Mbay, RNC – Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, Minggu (27/12/2020) melakukan kunjungan kerja dalam rangka serah terima hasil pekerjaan Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2020 di Desa Odaute, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo.

Pada kesempatan itu, dilakukan serah terima pekerjaan Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2020, yang tersebar di 10 desa lokus stunting di Kabupaten Nagekeo. Total alokasi anggaran sebesar Rp 3,5 miliar.

Pekerjaan sanitasi ini bersumber dari dana APBN melalui Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR RI. Infrastruktur yang dibangun berupa jamban dan tangki septik individual standar nasional.

Wakil Bupati Marianus Waja dalam sambutannya mengatakan Desa Odaute masuk kelompok lokus stunting. Di wilayah Nagekeo masih banyak desa dengan stunting tinggi. Marianus mengingatkan warga untuk membudayakan hidup bersih. “Kalau BAB (buang air besar) kita sembarangan berdampak banyak penyakit. Apalagi untuk anak-anak kita yang masih bayi. Anak-anak tumbuh tidak sehat, bahkan gagal tumbuh. Otaknya tidak cerdas, pikiran tidak lurus,” ujarnya.

BACA JUGA: Salut, Siswi Ini Rela Jualan Kangkung untuk Bantu Sembuhkan Ibunya yang Sakit

Dalam laporannya, pelaksana program Faskab Program Sanitasi, Severinus Hendrikus Gogi mengatakan program ini bertujuan menciptakan lapangan kerja melalui padat karya gotong royong. Juga membangkitkan nilai sosial ekonomi serta meningkatkan akses sanitasi.

Untuk diketahui, sebanyak 10 desa lokus stunting penerima program di Nagekeo yakni Tonggurambang, Tedamude, Labolewa, Renduwawo, Rendututubhada, Rendubutowe, Tendatoto, Pagomogo, Odaute, dan Alorawe.

Turut hadir pada acara serah terima program ini, yakni Sekda Nagekeo Drs. Lukas Mere, Kadis PUPR, Bernard Dinus Fansiena, Kepala BLUDSpam, Robertus Rena, Sekretaris PMDP3A, Raimundus Koo, pejabat Bapelitbang, Tim Teknis, 10 orang Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Teknik dan Pemberdayaan, Faskab Program Sanitasi, Severinus Hendrikus Gogi, ST, para kepala desa, Ketua KSM, serta para penerima manfaat,
Juga hadir, istri Wabup Nagekeo, Ny. F.C.A Yanu Astuti dan Camat Nangaroro, Gaspar Taka.
(rnc15)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed