oleh

Tenaga Kesehatan di Rote Ndao Jalani Vaksinasi Perdana

Baa, RNC – Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao mulai melaksanakan vaksinasi sinovac perdana secara serentak untuk para tenaga kesehatan (nakes).

Pelaksanaan vaksinasi di empat puskesmas, Senin (8/2/2021), bahkan dipantau langsung oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati, Stefanus M. Saek bersama Forkompimda. Keempat puskesmas tersebut yakni Puskesmas Batutua di Kecamatan Rote Barat Daya, Puskesmas Busalangga di Kecamatan Rote Barat Laut, Puskesmas Delha di Kecamatan Rote Barat, dan Puskesmas Oelaba di Kecamatan Loaholu.

Pada kesempatan itu, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu berharap para nakes yang sudah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan agar tujuan vaksinasi berhasil dengan baik. Selain itu, meski sudah divaksin, nakes juga harus tetap menjalani rapid antigen sebagai antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, drg Suardi saat dikonfirmasi RakyatNTT.com, menyebutkan, pelaksanaan vaksin perdana dilaksanakan secara serentak untuk para nakes di 10 puskesmas dari 12 puskesmas yang ada di Rote Ndao. Antara lain, Puskesmas Ba’a, Batutua, Busalangga, Delha, Oelaba, Oele, Feopopi, Sonimanu, Eahun dan Puskesmas Sotimori.

“Yang terima vaksin harus dilakukan screning terlebih dulu. Lolos uji kesehatan baru bisa diberikan vaksin. Jadi jadwal vaksinasi selanjutnya untuk 12 puskesmas dilaksanakan setiap hari Senin sampai Sabtu mulai dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang,” sebut Suardi.

Dari data yang berhasil dihimpun media ini dari Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Rote Ndao, diketahui bahwa jumlah nakes yang menerima vaksin hari ini sebanyak 262 orang. Jumlah tersebut merupakan hasil pelayanan vaksin serentak di 10 puskesmas dari 12 puskesmas. Minus 2 puskesmas yakni Puskesmas Ndao dan Puskesmas Korbafo.

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinkes Rote Ndao, Eden Bell menyebutkan, vaksinasi nakes di Puskesmas Ndao belum dilaksanakan karena vaksin belum distribusikan lantaran terkendala cuaca sehingga tidak ada pelayaran ke Ndao. Jika cuaca membaik, pihaknya akan segera mendistribusikan vaksin sehingga nakes di Puskesmas Ndao bisa menjalani vaksinasi. Sedangkan untuk Puskesmas Korbafo, vaksinasi nakes rencananya akan dilaksanakan Selasa (9/1/2021) besok.

Eden menambahkan, pelaksanaan vaksinasi untuk nakes yang bertugas di RSUD Ba’a, pegawai di Dinas Kesehatan serta Forkompimda, dijadwalkan hari Rabu (10/10/2021). “Vaksinasi untuk Forkompimda akan dilaksanakan di Puskesmas Ba’a,” ungkapnya. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *