oleh

Kenalkan Geowisata ke Pelajar, IAGI dan PERPIGI NTT Gelar Berbagai Lomba

Kupang, RNC – Dalam rangka memperkenal geowisata pada kalangan pelajar, Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Perkumpulan Pemandu dan Interpreter Geowisata Indonesia (PERPIGI) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar berbagai lomba yang dikemas apik bertajuk “Geowisata Goes to School” di gedung Pusat Informasi Geologi, UPTD Museum Daerah, Sabtu (7/10/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumuliahi Djami yang hadir sekaligus membuka kegiatan dimaksud, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Geowisata Goes to School. “Saya sangat mengapresiasi acara ini. Ke depan dibuat lagi agar anak-anak dapat mengembangkan imajinasi mereka dan cinta terhadap alam serta budaya,” ungkap Dumul.

Gelaran lomba dimaksud melibatkan para pelajar dari berbagai level pendidikan mulai dari Paud/TK hingga Perguruan Tinggi. Tercatat ada 110 peserta yang terbagi dalam enam kategori lomba yakni, lomba mewarnai tingkat Paud/TK, lomba mewarnai bagi SD kelas 1-3, lomba menggambar dan mewarnai untuk SD kelas 4-6, lomba melukis dan menarasikan untuk SMP, lomba story telling untuk SMA/SMK dan lomba kepemanduan Geowisata untuk mahasiswa/ PT.

Lebih dari 200 orang hadir menyaksikan acara yang menurut mereka adalah hal baru. Hadir pula tamu undangan dari berbagai instansi, yakni Dinas Pariwisata Kota Kupang dan Provinsi NTT, Dinas Pendidikan Kota Kupang dan provinsi, Dinas ESDM, UPTD Museum Daerah NTT, orang tua dan guru pendamping peserta lomba, para juri maupun sponsor.

Ketua panitia lomba, Lexy M. Damaledo, ST. M.Sc mengungkapkan pujian terhadap kreatifitas, imaginasi dan kemampuan peserta lomba dalam menunjukkan karya mereka tentang geowisata.

“Para pelajar di semua level sangat luar biasa. Kita tahu bahwa geowisata adalah hal yang baru, namun mereka mampu memberi informasi komplit tentang keragaman geologi, keragaman flora & fauna dan keragaman budaya,” tutur Lexy.

Baca Juga:  Trotoar jadi Lokasi Jualan, Pemkot Kupang Siap Tindak

Adapun pemenang dari gelaran lomba tersebut yaitu kategori TK mewarnai objek geowisata diraih oleh Kanaya Aqila Luthfiyah dari TK Nurul Iman Kupang, kategori SD kelas 1-3 mewarnai objek Geowisata  dijuarai Arafamina Asna Khairunisa dari MI Darul Hijrah Madani.

Kategori SD Kelas 4-6 Menggambar dan mewarnai Objek Geowisata dijuarai Themie Nathania Elefata dari Bouyant Montessori School, Kategori SMP Melukis dan Menarasikan Objek Geowisata dijuarai Gabriella Febriana Siagian dari SMP Negeri 8 Kupang.

Kategori SMA/SMK  Story Telling Objek Geowisata dijuarai Reynard A. Koenunu  SMA Katolik Giovanni Kupang dan Kategori Mahasiswa Kepemanduan Objek Geowisata dijuarai Anjela Elvira Mebe dari Politeknik Negeri Kupang.

Menurut Lexy, target dan pencapaian tema “Geowisata Goes to School” sudah tepat sasaran dan semua pemenang lomba layak mendapat hadiah yang pantas dari para sponsor melalui panitia kegiatan. “Selamat kepada para pemenang dan terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, khususnya para sponsor. Bae sonde bae, Geowisata lebe bae, ” Pungkas Lexy. (*/rnc07)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *