oleh

Pantai Kelapa Lima yang Kumuh Siap Disulap jadi ‘Ancolnya’ Kupang

Kupang, RNC – Pantai Kelapa Lima yang berada langsung di tepi Jalan Timor Raya, depan Hotel Aston, siap dikebut penataannya mulai 2020 hingga 2021. Kawasan ini bakal jadi objek wisata baru di Kota Kupang.

Pantauan RakyatNTT.com, tiga hari terakhir lapak-lapak di sepanjang kawasan ini mulai dibongkar. Para penjual ikan bakar direlokasi sementara di Pantai Pasir Panjang.

foto 2
View kawasan Pantai Kelapa Lima dalam desain

Untuk diketahui, proyek penataan kawasan Pantai Kelapa Lima ini merupakan salah satu dari tiga proyek penataan kota yang didanai oleh pemerintah pusat. Selain Kelapa Lima, Kementerian PUPR juga membangun kawasan Kupang Square di Pantai Kota Lama atau kawasan Teddy’s. Selain itu, menata kawasan Koridor III Jalan Frans Seda, tepatnya di depan gedung Konsulat Timor Leste.

Dari model desain yang diperoleh media ini, kawasan Pantai Kelapa Lima yang menelan anggaran Rp 52 miliar ini sangat indah. Akan dibangun 4 unit bangunan berlantai dua dengan model terbuka yang menjorok ke laut. Bangunan menjadi pusat kuliner khas Kupang.

foto 3
View bagian barat dengan hamparan pasir yang cukup luas.

BACA JUGA: Kabar Gembita! Kupang Square Mulai Dibangun, Begini Desainnya

Selain itu dibangun gazebo, panggung, taman, jembatan kecil, dan beberapa spot menarik lainnya. Sebelumnya, Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore mengatakan tahun ini Kota Kupang mendapat hadiah istimewa dari pemerintah pusat, yakni dibangunnya tiga taman sekaligus serta SPAM Kali Dendeng. Tak hanya itu, ada ribuan lampu jalan juga didanai oleh pemerintah pusat.

foto 4
Salah satu spot menarik di area taman.

“Trotoar juga sudah dibangun, mulai dari Jalan Piet Tallo, Jalan Frans Seda, Jalan Timor Raya. Dibangun juga drainasenya sehingga kota ini akan terlihat lebih rapi,” ujarnya.

Menurutnya, jika berharap pada APBD maka tidak akan cukup. Oleh karena itu, ia meminta bantuan pemerintah pusat bisa mengintervensi beberapa pembangunan yang memakan biaya besar. “Tentu tahun depan masih ada lagi karena kita sudah ajukan. Mohon doa dari masyarakat semua agar semua yang kita rencanakan bisa terwujud,” kata Jeriko.

foto 5
Pemandangan dari lantai 2 pusat kuliner.

(rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

News Feed