oleh

Pesawat Jenis Pilatus Tergelincir di Papua, Tabrak Pemukiman Warga

Jayapura, RNC – Pesawat jenis Pilatus milik maskapai Smart Cakrawala Aviation tergelincir di Kabupaten Paniai, Papua. Pesawat tersebut membawa empat penumpang.

“Telah terjadi kecelakaan tergelincirnya pesawat jenis Pilatus SMART PK-SNB dengan Kapten Pilot David Alonso dan Kapten Febrian Sahetapi,” kata Kapolres Paniai Kompol Abdus Syukur Felani, Sabtu (26/2/2022) dilansir dari detikcom.

Abdus menjelaskan peristiwa pesawat tergelincir ini terjadi di Lapangan Terbang Perintis Kampung Bayabiru, Distrik Bayabiru. Kecelakaan terjadi pada pukul 10.10 WIT tadi.

“Sekitar pukul 10.10 WIT, di Lapter Perintis Kampung Bayabiru, Distrik Bayabiru,” ucap dia.

Pesawat tersebut baru saja menempuh perjalanan dari Nabire. “Dari Bandara Nabire dengan membawa empat orang penumpang (Niko, Bongga, Derika, dan Arjuni) dan barang bawaan,” tutur dia.

Abdus menjelaskan pesawat tergelincir saat hendak mendarat. Pesawat hilang kendali hingga menabrak permukiman warga.

“Ketika sedang landing, tiba-tiba pesawat tergelincir dan ban kanan pesawat masuk parit, dan sempat baling-baling pesawat depan menabrak pemukiman penduduk yang berada di sekitar lapter,” terang Abdus.

Terpisah, informasi dari Safety & Quality Manager PT. Smart Cakrawala Aviation, Sonia Erlyn N menyebutkan flight kedua PK-SNB dari Nabire ke Baya Biru pesawat landing dengan aman di Baya Biru, namun pada saat taxi tiba-tiba PIC tidak dapat mengontrol pesawat karena kondisi yang licin dan akhirnya pesawat tergilincir. “Kondisi pesawat sementara masih terpakir di sebelah runway dan kondisi crew aman serta semua penumpang selamat dan tidak ada yang terluka,” kata Erlyn.

Data Pesawat PK-SNB PT. Smart Cakrawala Aviation:

Tipe : Pilatus PC-6 Porter
Reg. : PK – SNB
Route : Nabire-Baya Biru
PIC. : David Alonso
Jam. : 10.10 LT
Hari/Tgl. : Sabtu, 26 Februari 2022
Total Pax : 05/00/00

(*/rnc)

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *