oleh

Sungai Benenain Meluap, 26 Desa di Malaka Terendam Banjir

Iklan Demokrat

Betun, RNC – Sebanyak 26 desa di Kabupaten Malaka saat ini terendam banjir. Ini akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini selama sepekan terakhir.

Ke-26 desa tersebut, yakni 11 desa di Kecamatan Malaka Barat dan 15 desa di Kecamatan Malaka Tengah. “Wilayah yang terdampak banjir itu 11 desa di kecamatan Malaka Barat dan 15 desa kecamatan Malaka Tengah,” kata Penjabat Bupati Malaka, Viktor Manek, Sabtu (3/4/2021) dilansir dari Digtara.com.

Iklan Dimonium Air

Menurut Viktor, pihaknya mengerahkan sebanyak 13 unit mobil tangki untuk menyuplai air bersih bagi masyarakat yang terdampak banjir.
Muat Lebih

“Kepada masyarakat yang kesulitan air bersih, kita suplay menggunakan 13 mobil tangki air milik pemerintah kabupaten Malaka, nanti dibagikan ke tiap-tiap kecamatan yang terdampak banjir,” jelasnya.

BACA JUGA: Banjir Kepung Ratusan Rumah di Malaka, Ketinggian Air 80 Cm

Pendataan terhadap kerusakan serta kerugian akibat banjir, sementara dilakukan oleh dinas PUPR dan Pertanian. “Kerusakan dan kerugian sedang didata. Tanggul yang jebol sudah diukur oleh dinas PUPR. Sementara kerusakan pada kebun dan sawah sedang didata tim dari dinas Pertanian,” ungkap Viktor.

Tim kesehatan menyiapkan Puskesmas Fahiluka, Puskesmas Besikama dan Puskesmas Weliman untuk penanganan terhadap masyarakat terdampak banjir, termasuk menabur abate ke sumur warga.

Hingga saat ini belum ada laporan soal korban jiwa. Hanya ada kerugian material kerusakan rumah dan lahan pertanian masyarakat serta kerusakan fasilitas umum.

Sementara terhadap jembatan Benenain yang bergeser dan retak akibat banjir bandang, telah dicek oleh Dinas PUPR serta telah dilaporkan ke Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

“Kapolres Malaka juga sudah memerintahkan anggotanya mengendalikan kondisi lalu lintas di jembatan Benenain. Sementara mobil diatas lima ton tidak diperbolehkan lewat,” tandas Viktor.

Baca Juga:  Pria Muda di Malaka Ditangkap Polisi karena Hendak Cabuli Seorang Nenek di Kebun

(*/dig/rnc)

  • 2K
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed