oleh

Diversifikasi Pangan, Bupati Nagekeo Harap Petani Kembangkan Sorgum

Iklan Covid Walikota Kupang

Mbay, RNC – Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, Sabtu lalu (9/1/2021) ikut serta dalam penanaman  sorgum dan ubi cimanggu bersama-sama dengan masyarakat di kebun Stasi Santa Maria Lena, Desa Pagomo, Kecamatan Nangaroro.

Dalam obrolannya dengan masyarakat, Bupati Don mengatakan, banyaknya hujan bisa menjadi ancaman bagi tanaman sorgum dan tanaman lainnya. “Kita  harus ambil resiko dan sebaiknya sorgum ditanam di atas gundukan sehingga akarnya tidak terendam air. Nanti kita lihat hasilnya seperti apa,” ujar mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende.

Iklan Dimonium Air

Sejalan dengan program diversifikasi pangan, Bupati Don berharap ada upaya replikasi atau penggandaan bibit sorgum di Kecamatan Nangaroro dan daerah lainnya di Kabupaten Nagekeo. “Kita ingin ada replikasi atau penggandaan bibit sorgum. Nanti kita kerja sama dengan mereka yang punya lahan sawah tadah atau sawah irigasi desa. Setelah panen di bulan April sampai Mei, kita sudah bisa tanam sorgum bersamaan dengan kacang hijau dan kacang kedelai, sambil kita siapkan bibit sorgum untuk musim tanam yang akan datang,” jelasnya.

BACA JUGA: Pupuk di Nagekeo Langka, Ini Penjelasan Kadis Pertanian

Bupati Don menambahkan, sorgum juga bisa ditanam di areal perbukitan. Namun yang terpenting adalah pengamanan dari ternak sehingga perlu dibuatkan pagar keliling. “Ini kita bisa lakukan bersama-sama dengan masyarakat.

Untuk diketahui, kegiatan penanaman sorgum di kebun Stasi Santa Maria Lena juga dihadiri pada Kadis Pertanian, Oliva Monika Mogi, Camat Nangaroro, Gaspar Taka, Kepala BPP Ndora, Kepala Bank NTT Cabang Mbay, perwakilan Yayasan Mitra Tani Mandiri dan Sekdes Pagomogo Marsianus Sele. Hadir pula OMK Stasi Lena dan OMK Stasi Tua Nio serta masyarakat Desa Pagomogo.

Baca Juga:  Kunker di Keo Tengah, Bupati Nagekeo Temui Masyarakat di Sejumlah Desa

Usai penanaman sorgum, Bupati Don dan rombongan melakukan penanam anakan cendana di lokasi Kantor Desa Persiapan Pigapora. Dilanjutkan dengan penanaman sorgum dan ubi cimanggu di Desa Ulupulu I. (rnc15)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed