oleh

Jalan Bola – Hale Dikerjakan, Bupati Minta Masyarakat Awasi

Maumere, RNC – Ruas Jalan Bola – Hale yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bola dan Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka, mulai dikerjakan, Senin (21/2/2022). Ruas jalan yang terbentang dari Desa Persiapan Watukrus, Desa (Induk) Ipir, Kecamatan Bola, melintasi Kecamatan Doreng, hingga berujung di Desa Hale, Kecamatan Mapitara tersebut, memiliki jarak sepanjang 32,8 km.

Permulaan pengerjaan ruas jalan kabupaten itu, ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si, dari titik nol, yakni di ujung barat Desa Persiapan Watukrus, Kecamatan Bola. Jalan tersebut dikerjakan kontraktor pelaksana CV. Sahabat Emas Abadi, pimpinan Dionisius Kondi, dengan durasi pengerjaannya selama 180 hari kalender.

Proyek pengerjaan jalan itu menelan anggaran sebesar Rp 10.431.285.000, yang bersumber dari Dana Pinjaman Daerah (DPD) program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun 2021.
Dalam sambutannya, Bupati Sikka yang akrab disapa Roby Idong mengatakan, proyek pengerjaan jalan itu hadir sebagai jawaban Pemkab Sikka atas seruan kebutuhan warga yang disampaikan sejak lama.

Namun, baru saat ini bisa dijawab. Sehingga, dia meminta pihak kontraktor, agar dapat mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab, demi menghasilkan jalan yang berkualitas.
“Saya minta pihak kontraktor mengerjakan dengan penuh tanggung jawab, agar bisa menghasilkan jalan yang berkualitas. Kasihan masyarakat. Dan, untuk menjamin mutu tersebut, maka pemerintah telah menerbitkan keputusan tentang Pengawas Tingkat Kecamatan. Pengawas ini harus bekerja sama dengan masyarakat, agar semua masyarakat dapat mengawasi pengerjaan jalan ini,” ungkapnya.

Anggota DPRD Sikka, Bernadus Kardiman, menyampaikan apresiasinya atas pengerjaan proyek jalan tersebut. “Saya mengapresiasi Pemkab Sikka, khususnya kepada Bapak Bupati yang telah gigih memperjuangkan dana pinjaman daerah, sehingga kebutuhan masyarakat yang sudah sangat lama disuarakan ini, bisa terjawab,” katanya.

Baca Juga:  Tenang! Masih Ada Tiket PPPK untuk Nakes yang Dipecat Bupati Manggarai

Anggota DPRD dari Partai Perindo itu menambahkan, semua masyarakat Bola Raya, yakni warga Kecamatan Bola, Doreng, dan Mapitara, sungguh berterima kasih atas pengerjaan jalan itu. “Warga di Kecamatan Bola, Doreng dan Mapitara omong ke saya, mereka senang sekali dengan pembangunan jalan ruas Bola – Hale ini,” ujarnya.

Sementara Camat Bola, Polikarpus Manase Mana, dalam laporannya mengatakan, Kecamatan Bola mendapatkan alokasi sebesar Rp 19 miliar lebih dari DPD 2021. “Kami di Kecamatan Bola diberi 10 program, yang terdiri atas pengadaan air minum dan pengerjaan ruas jalan, dengan total dana sebesar Rp 19 miliar lebih,” sebutnya.

Turut hadir mendampingi bupati Sikka, Kadis PUPR, Frederikus Kaju Djen, Ketua TP PKK, Maria Cahyani Idong, dan Kabag Prokompim, Even Edomeko bersama staf. Selain camat Bola, hadir pula para kepala desa dan BPD se Kecamatan Bola, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan Desa Persiapan Watukrus. (rnc24)

 

 

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *