oleh

Komunitas Wisata Gua Jepang Rane Tanam 500 Anakan Johar

Iklan Covid Walikota Kupang

Mbay, RNC – Pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan agar tetap lestari serta menjaga sumber mata air untuk tetap bersih, Komunitas Wisata Gua Jepang Rane (KWGJR) tanam 500 anakan johar di lokasi Lowo Oki Kobafesa, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Rabu (13/1/2021).

Pantauan RakyatNTT.com, puluhan pemuda Komunitas Wisata Gua Jepang Rane mendapat respon positif dari Ketua RT serta warga setempat atas aksi mulia itu.

Iklan Dimonium Air

Puluhan anggota komunitas ini mulai melakukan penanaman pada pukul 14.00, mulai dari titik awal penanaman hingga sampai lokasi mata air dengan jarak sejauh 3 kilometer.

Ketua Komunitas Wisata Gua Jepang Rane, Aris Soi, mengatakan penanaman tersebut merupakan bentuk inisiatif pemuda KWGJR. “Ini bentuk swadaya KWGJR. Hari ini kami tanam 500 anakan johar yang kami bibit sendiri. Kami memilih lokasi ini karena area sekitar kali kecil ini salah satu sumber mata air yang selama ini tak dirawat dengan baik,” kata Aris.

BACA JUGA: Diversifikasi Pangan, Bupati Nagekeo Harap Petani Kembangkan Sorgum

Dengan menanam anakan johar, kata dia, menjadi alternatif penyelamatan sumber mata air di lokasi ini. Selain itu, sebagai langkah menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan.

Aris berharap sekaligus mengajak semua masyarakat membangun kesadaran dalam mencintai lingkungan agar tetap lestari. “Saya berharap pentingnya kesadaran bersama dalam menjaga dan melindungi serta mencintai lingkungan. Sehingga anak cucu di masa yang akan datang akan menikmatinya. Terlebih musim panas tiba, ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seenaknya membakar hutan. Jika masih ada yang sengaja membakar hutan, kami Komunitas tidak akan tinggal diam dan akan melaporkan oknum tersebut yang secara liar membakar hutan untuk diproses secara hukum,” kata Aris. (rnc15)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed