oleh

Wamen LHK Tanam Pohon di Bukit Pamo, Bukit Kenangan di Kota Mbay

Iklan Covid Walikota Kupang

Mbay, RNC – Di tengah agenda kunjungannya yang padat di Kabupaten Ngada, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong bersama rombongan menyempatkan diri menyinggahi Kota Mbay, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Rabu (16/12/2020) lalu.

Kesempatan ini pun tak disia-siakan oleh Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do. Ia mendaulat Wamen LHK melakukan penanaman pohon di Bukit Pamo sebagai aksi perdana penghijauan di bukit yang diberi julukan Bukit Kenangan tersebut.

Iklan Dimonium Air

Pukul 18.19, Wamen LHK tiba di lokasi Bukit Pamo. Persisnya di depan gerbang masuk Civic Center Kantor Bupati. Sudah hadir Bupati Don dan Wabup Marianus beserta beberapa pejabat dan kaum muda dari Karang Taruna Sepeda.

Selanjutnya, Wamen LHK didampingi Bupati Nagekeo dan Bupati Ngada didaulat mendaki ke Bukit Pamo menuju lubang yang sudah disiapkan Karang Taruna untuk penanaman anakan pohon secara simbolis. “Saya namakan Beringin Aldo (Alue Dohong). Mohon dipagar dan dirawat. Update perkembangannya dan kirimkan ke saya,” ujar Wamen sebelum menanam didampingi Bupati Nagekeo dan Bupati Ngada.

Sebanyak 20 lubang yg disiapkan untuk ditanam. Karena waktunya sangat singkat, maka yang ditanaman secara simbolis hanya 4 lubang, masing-masing untuk Wamen LHK, Bupati Ngada, Bupati Nagekeo dan Wabup Nagekeo.

Bupati Ngada, sebelum menanam juga menamai tanamannya “Beringin Paso” (Paulus Soliwoa, Red).

BACA JUGA: IAP Kupang Tanam 1.000 Anakan Flamboyan di Jalur Civic Center Mbay

“Terima kasih bapak Wamen atas kunjungan ini, apalagi meninggalkan kenangan berarti menanam langsung tanaman pohon di area ruang terbuka hijau Bukit Pamo. Inilah “core business”-nya Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ujar Bupati Don di sela-sela kegiatan penanaman pohon.

Bupati Don menitipkan pesan kepada Wamen LHK untuk membantu Kabupaten Nagekeo dalam bentuk dukungan program riset savana di Kabupaten Nagekeo. “Bagaimana struktur tanahnya, apa vegetasi yang cocok untuk area padang savana serta intervensi program penghijauan seperti apa yang dipandang tepat dan sesuai dengan kondisi wilayah yang ada sehingga tetap hijau lestari dan ramah lingkungan,” kata Don.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nagekeo, Mudha Marsel mengatakan ini merupakan peristiwa monumental dan sekaligus menjadikan Bukit Pamo sebagai Bukit Kenangan. Wamen LHK sebagai tokoh perdana dalam program penghijauan ini.

“Kita berupaya agar setiap pejabat pemerintah baik pusat maupun provinsi serta tokoh-tokoh penting lainnya yang datang ke Kota Mbay, diberi kesempatan untuk menanam satu anakan pohon di bukit ini. Jadikan bukit ini Bukit Kenangan bagi siapa saja yang peduli dan cinta lingkungan hidup,” ujar Mudha Marsel. (rnc15)

  • 77
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed