oleh

Peringati HUT Ke-22, AMAN Nusabunga Proaktif Bantu Pemerintah

Iklan Covid Walikota Kupang

Ende, RNC – Tahun ini Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) merayakan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN) dan HUT ke-22 AMAN pada 17 Maret.

Dalam rangka HUT, AMAN menggelar beberapa aksi sosial yakni memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. AMAN juga memberikan edukasi kepada masyakat adat dalam rangka meminimalisir berkembangnya Covid-19 dan membangun ketahanan pangan.

Iklan Dimonium Air

Hal ini disampaikan Ketua AMAN Wilayah Nusabunga, Philipus Kami dalam konferensi pers di Sekretariat AMAN Nusabunga di Ende, Rabu (17/3/2021).

Saat ini AMAN mendorong agar Rancangan Undang-undang (RUU) Masyarakat Adat segera disahkan. “Kita dorong karena banyak kasus masyarakat adat dikriminalisasi,” katanya.

BACA JUGA: April, Bandara Aroeboesman Ende Berlakukan Tes Covid-19 dengan GeNose

Ia menjelaskan dengan disahkannya RUU tersebut, hak masyarakat adat dapat dikembalikan. Untuk isu lokal, Kabupaten Ende merupakan salah satu kabupaten yang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang masyarakat adat. AMAN akan mendorong pemerintah untuk menindaklanjutinya dengan membuat Peraturan Bupati (Perbup) untuk mengatur pelaksanaannya.

Philipus menambahkan sejak awal berdiri, AMAN membawa tiga misi besar, yakni mewujudkan bangsa Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya.

Philipus berharap AMAN dapat melakukan sosialisasi lebih masif lagi, sehingga kehadirannya dapat diketahui dan lebih dirasakan oleh masyarakat. (rnc15)

  • 17
    Shares
Baca Juga:  Kondisi Patung Pelajar di Ende Memprihatinkan, Ini Kata Kadis PUPR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed