oleh

Pangdam IX Udayana Bantu 2.000 KK di TTU

Kefamenanu, RNC – Kodim 1618/TTU meluncurkan pembagian Bansos Peduli Covid-19 Kodam IX/UDY di wilayah Kodim 1618/TTU yang dilaksanakan secara simbolis di Makodim 1618/TTU, Sabtu (21/8/2021).

Sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di wilayah kabupaten TTU mendapatkan masing-masing 5 Kg beras. Tujuannya adalah sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 maupun yang mengalami kekurangan selama masa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 wita hingga pukul 10.30 wita itu dihadiri oleh Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, S.ik, Ketua DPRD TTU Hen Bana, S.H, Ketua Pengadilan TTU dan Asisten 1 Setda TTU Yosep Kuabib. Acara Tambahan berupa pembarangakatan Bansos Peduli Covid 19 Kodam IX/Udayana ke Koramil jajaran Kodim 1618/TTU.

“Beras tersebut telah didiatribusikan ke setiap Koramil setelah diambil dari Pelabuhan Atapupu, Kabupaten Belu. Kemudian disalurkan mulai dari Koramil 1618-05, Kecamatan Bibiki Selatan, Biboki Utara dan Lurasik. Para Danramil beserta Forum Komunikasi Pimpinan tingkat Kecamatan (Forkopimcam) akan mendistribusikan sesuai dengan sasaran yang telah didata sesuai dengan KTP yang ada,” jelas Dandim Roni.

“KTP ini merupakan identitas sedangkan kondisi yang kita lihat adalah masyarakat miskin atau masyarakat yang terdampak Covid-19. Sehingga yang paling penting adalah masyarakat yang sangat membutuhkan. Misalnya selama pandemi tidak punya pekerjaan, sakit atau penderita Covid sehingga tidak punya penghasilan,” tambahnya.

Penyaluran bantuan beras tersebut, kata Dandim Roni, bervariasi. Contohnya, untuk wilayah Kecamatan Kota Kefamenanu berkisar 500-600 KK. “Yang banyak itu di daerah kecamatan Insana bisa sekitar 300-400 KK. Sedangkan untuk wilayah yang lain seperti Manufui,Lurasik kemudian di Eban dan di Wini, Biboki Moenleu, sekitar 200-300 KK. Data-data sudah lengkap. Tinggal pendistribusiannya kita sesuaikan dengan jumlah masyarakat di wilayah tersebut karena Kecamatannya memang berbeda-beda di masing-masing Koramilnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Kalak BPBD TTU Yosefina Lake Dijebloskan ke Lapas

Dandim Roni mengharapkan, dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini sama-sama berempati bahwa masyarakat tidak sendirian. “Sedikit yang kita bantu ini kita berharap bisa membantu meringankan beban. Dan, ke depannya kita berharap ada bantuan yang lain baik dari TNI/Polri atau kementrian sosial dan lainya sehingga masyarakat selama pandemi ini,” jelasnya.

“Pada pagi hari ini di 7 titik di dalam kota Kefamenanu. Ada di Kelurahan Maubeli, Kelurahan Benpasi, Kelurahan Kefamenanu Selatan, di Papin dan di Maslete ada 73 Kepala Keluarga baru setelah itu setelah itu akan dilaksanakan di seluruh jajaran Koramil maupun Kecamatan yang ada Kabupaten TTU,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan perintah Pangdam IX/UDY. “Masing-masing Kodim, kami diberi bantuan 10 ton beras dengan paket 5 kg, ada 2000 KK yang akan menerima bantuan di saat pandemi covid-19,” jelas Dandim 1618/TTU Letkol Arm. Roni Junaidi S.Sos

Dikatakannya, ada 75 KK di wilayah Kefamenanu. “Permasalahannya masih panjang bagaimana ke depan, mungkin tahun 2002 pandemi covid berubah menjadi endemi, artinya kita akan hidup bersama-sama dengan virus covid 19 tetapi cukup terkendali,” tegasnya.

“Kita sangat apresiasi kepada pimpinan kepala daerah kita yang sudah men-support kegiatan penanggulangan covid-19 di wilayah TTU, dengan sudah menyiapakan tempat karantina terpusat dan anggaran termasuk uang saku, Sehingga kasus kita semakin menurun dan penanganan semakin baik,” ungkap Dandim Roni.

Apa yang kita lakukan saat ini, kata Dandim Roni, mungkin hanya sekedar mengantar beras akan tetapi bagi masyarakat yang membutuhkan ini sangat berarti. “Masyarakat semakin percaya dan masyarakat yakin bahwa negara hadir di sini. Semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah bagi kita. Apa yang kita kerjakan ini merupakan wujud kepedulian kita kepada masyarakat yang membutuhkan setidaknya dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak covid-19,” jelasnya.

Baca Juga:  Kalak BPBD TTU Yosefina Lake Dijebloskan ke Lapas

Sementara itu, Ketua DPRD TTU, Hendrikus Bana, S.H, mengatakan, dari lembaga DPRD TTU mengucapkan terima kasih banyak atas langkah cerdas bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada warga TTU. “Kami memberikan apresiasi dan proficiat kepada Bapak Pangdam, Bapak Dandim dan seluruh jajarannya yang telah mengambil langkah dan bagian untuk menyelesaikan kemelut kemanusiaan yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara,” jelasnya.

Lebih lanjut Hen Bana mengimbau masyarakat yang menerima bantuan, perlu diberi peringatan agar tetap menaati aturan pemerintah yakni dengan menaati himbauan pemerintah daerah untuk selalu taat protokol kesehatan.
(*/rnc17)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *