oleh

Ulangi Sejarah, Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Vietnam di Hanoi

Hanoi, RNC – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil mempermalukan Vietnam 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Kemenangan itu menjadi spesial sebab untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, Garuda bisa juga menang di Vietnam lagi.

IMG 20240330 WA0047
Ads

Ya, terakhir kali Timnas Indonesia menang di Vietnam itu pada 2004 silam, tepatnya di ajang Piala AFF 2004. Kini rekor buruk 20 tahun tersebut akhirnya terpecahkan berkat gol Jay Idzes di menit kesembilan, Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di menit 90+8.

Berkat kemenangan 3-0 itu juga, kini Timnas Indonesia mantap bertengger di peringkat kedua pada klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan 7 poin. Sementara Vietnam tertahan di posisi ketiga dengan 3 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di kandang lawan nyatanya tak membuat takut para penggawa Garuda. Dengan dipimpin Hokky Caraka di lini depan, Skuad Garuda pun berhasil menguasai pertandingan di awal babak pertama.

Bahkan, laga baru berjalan sembilan menit Timnas Indonesia berhasil unggul 1-0. Gol itu berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Thom Haye.

Bola umpan Thom Haye lantas disambut oleh Jay Idzes yang langsung mencari ruang kosong. Sundulan pemain Venezia itu membawa Timnas Indonesia unggul cepat.

Setelahnya, Timnas Indonesia terus menekan Vietnam. Tuan rumah beberapa kali memberikan serangan balik, namun pertahanan Garuda masih kukuh.

Malahan di menit 23, Timnas Indonesia kembali mencetak gol. Ragnar mengikuti jejak Jay Idzes yang sukses mencetak gol perdananya untuk Timnas Indonesia. Namun, Ragnar lebih spesial karena laga melawan Vietnam di Hanoi ini merupakan pertandingan debutnya bersama Garuda.

Baca Juga:  BREAKING NEWS! Indonesia Berhasil Lolos ke Final Uber Cup 2024

Gol yang dicetak Ragnar pun sangat luar biasa. Sebab ia sempat melewati sejumlah pemain sebelum melepaskan tendangan lewat kaki kirinya ke gawang Vietnam.

Skor 2-0 itu bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong mencoba memasukkan sejumlah pemain. Seperti halnya Asnawi yang diganti dengan Yakob Sayuri dan Hokky dengan Egy Maulana Vikri.

Vietnam pun juga melakukan strategi yang sama. Hanya saja tim tuan rumah cuma melakukan satu pergantian pemain di awal babak kedua.

Hadirnya pemain baru membuat Garuda memiliki serangan berbeda. Namun, Vietnam dapat bertahan dengan baik.

Terihat tempo permainan Timnas Indonesia sedikit menurun. Tampaknya STY sengaja melakukan itu untuk menjaga agar Timnas Indonesia tetap unggul 2-0.

Laga terus berjalan alot, bahkan hingga laga berakhir. Namun, di pengujung laga Ramadhan Sananta berhasil mencetak gol dan membuat Timnas Indonesia menang 3-0

Berikut Daftar Line Up Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On; Witan Sulaeman, Hokky Caraka, Ragnar Oratmangoen.

Cadangan: Muhammad Riyandi, Yakob Sayuri, Wahyu Prasetyo, Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Arkhan Fikri, Edo Febriansyah, Muhammad Ferarri, Syahrul Trisna.

Klasemen

Klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di matchday keempat masih dikuasai oleh Tim Nasional (Timnas) Irak yang memimpin dengan total 12 poin. Sementara Timnas Indonesia juga semakin nyaman di posisi kedua dengan total 7 poin.

Baik Timnas Irak maupun Timnas Indonesia sama-sama memetik kemenangan di matchday keempat Grup F yang baru saja berlangsung malam ini, Selasa (26/3/2024). Laga Filipina vs Irak menjadi yang pertama berakhir.

Baca Juga:  Selamat! Tim Thomas Cup Indonesia Rebut Tiket Final

Laga tersebut digelar di markas Filipina, yakni di Stadion Rizal Memorial, Manila. Menariknya, Filipina yang bermain di hadapan pendukung sendiri justru tampil melempem.

Di babak pertama saja Filipina sudah dibantai Irak dengan skor 0-3. Lalu Irak menambahkan dua gol lagi di babak kedua dan membuat tim berjuluk Singa Mesopotamia itu menang dengan skor 5-0.

Tambahan tiga poin dari markas Filipina membuat Irak total mengoleksi 12 poin dari empat laga yang sudah dimainkan. Itu berarti Irak selalu memetik kemenangan di empat laga yang sudah mereka jalani.

12 poin yang dimiliki Irak lantas takkan membuat mereka terpental dari dua besar di Grup F. Karena alasan itulah Irak memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *