oleh

Bupati Amon Djobo: Expo dan Karnaval Angkat Martabat Orang Alor

Iklan Covid Walikota Kupang

Kalabahi, RNC – Expo Alor yang telah diselenggarakan selama 13 tahun mengangkat harkat dan martabat orang Alor. Alor pun menjadi terkenal di kancah nasional maupun internasional. Pasalnya, seluruh potensi kebudayaan, ekonomi kreatif, kesenian rakyat dan pariwisata disatukan dan dipamerkan hingga dipublikasikan media.

Hal ini disampaikan Bupati Alor, Drs. Amon Djobo saat pembukaan Expo Alor XIII dan Alor Karnaval VI yang diikuti masyarakat 17 kecamatan dan paguyuban etnis seluruh Indonesia yang bermukim di Kalabahi, Alor, Senin (16/9/2019).

Iklan Dimonium Air

Bupati Amon Djobo juga mengatakan expo merupakan cerminan peradaban Alor yang mulai berkembang. Ini dikarenakan masyarakat Alor tidak ingin lagi menggantungkan diri pada orang luar, tapi bekerja keras untuk kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. “Saya selalu ingatkan kepada rakyat Alor agar jangan menggantungkan diri pada orang lain dengan mengharapkan sesuap nasi, tapi mari bekerja keras, berkeringat membanting tulang agar harga diri bisa terangkat,” kata Amon.

Ketua Panitia Expo Alor, Hopni Bukang, yang juga Sekda Kabupaten Alor dalam laporannya mengatakan Alor sangat kaya akan budaya hingga diakui masyarakat internasional. Bahkan ada wartawan dan pencinta budaya asal Jepang, Seici Okawa hadir untuk membeli berbagai produk budaya Alor, di antaranya tenunan asli Alor dan aneka kerajinan bambu serta anak panah.

Pantauan RakyatNTT, di arena Expo Stadion Mini Kalabahi, partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Ini ditandai dengan begitu banyak peserta mengikuti pawai karnaval. Bahkan ada masyarakat desa yang memikul rumah adatnya di arena karnaval. Aksi mereka mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Pariwisata NTT I Wayan Darmawa karena semangat kegotongroyongan masyarakat.

Tak ketinggalan para pedagang kaki lima menjajakan aneka kuliner saat berjalannya expo dan karnaval. Selain kuliner, souvenir juga laris manis. (kn02/rnc)

Baca Juga:  Kembangkan Pariwisata, BPO Pariwisata LBF Kerja Sama dengan Pemda Nagekeo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed