oleh

Hujan Terus Mengguyur Malaka, Lima Desa Terendam Banjir

Betun, RNC – Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Pulau Timor, menyebabkan banjir menggenangi rumah warga. Salah sagtunya di Kabupaten Malaka. Banjir menerjang rumah warga di lima desa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Ambros Kodo, mengatakan lima desa yang terendam banjir yakni Desa Naimana, Fahiluka, Lawalu, Motaain dan Tahak.

Ambros menyebut, penyebab utama lima desa itu terendam banjir karena Sungai Benenai tidak mampu menampung debit air.

Apalagi kata dia, Kabupaten Malaka mendapat kiriman banjir dari daerah tetangga seperti Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara dan Belu.

“Sehingga Sungai Benenai tidak bisa menampung debit air, akibat hujan deras di tiga Kabupaten tetangga,” kata dia, Jumat (25/2/2022) melansir digtara.com.

Kondisi itu kata dia, diperparah dengan tanggul darurat sepanjang daerah aliran sungai Benenai di sekitar Desa Forekmodok-Naimana, Naimana-Lawalu dan Lawalu-Motaain jebol sejak Badai Seroja tahun 2021 lalu.

Tanggul tersebut, hingga kini belum ditangani secara intensif.

Saat ini kata Ambros, tim reaksi cepat penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Malaka melakukan pendataan jumlah rumah yang rusak akibat banjir.

“Upaya yang dilakukan BPBD, yakni koordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan untuk update kondisi terkini,” kata Ambrosius.

(*/dig/rnc)

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Baca Juga:  Ahmad Yohan Siap Pasang Badan untuk Melki Laka Lena di Pilgub NTT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *