oleh

Jalan Terkena Abrasi di Ende, Arus Transportasi Ende-Sikka Terhambat

Ende, RNC – Kawasan Pantai Langgala’a di kawasan Ndondo, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende mengalami abrasi dan berdampak pada rusaknya badan jalan. Kondisi jalan pun memprihatinkan sehingga menghambat arus transportasi.

Saat air pasang jalan ini tertutup air laut. Kendaraan yang melintas pun jadi terhambat. Jalan pun tampak rusak parah. Aspalnya sudah tak berbekas. Padahal akses ini juga merupakan alternatif jalan yang menghubungkan Kabupaten Ende dan Kabupaten Sikka.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende, Ida Muda Mite kepada RakyatNTT.com menjelaskan tim kaji cepat BPBD telah meninjau secara langsung lokasi tersebut. Kawasan itu pun menjadi prioritas tanggap darurat yang segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA: Pasien Suspect Covid-19 Asal Nagekeo Meninggal di RSUD Ende

Menurutnya, BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk perbaikan. “Sedang berkoordinasi untuk dalam minggu ini melakukan konstruksi darurat untuk kondisi tersebut,” katanya.

Ia juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Ende juga telah menyurati Pemerintah Provinsi NTT terkait langkah tanggap darurat yang dilakukan BPBD Kabupaten Ende. Pemprov NTT pun mendukung langkah Pemkab Ende melalui BPBD melakukan upaya tanggap darurat.

Ida menjelaskan kawasan Langgala’a terkategori tanggap darurat karena akses tersebut dianggap mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Akses jalan tersebut digunakan untuk mobilisasi masyarakat dari berbagai daerah di sekitarnya.

“Semoga konstruksi tanggap darurat ini dapat kembali memperlancar akses ekonomi dan transportasi masyarakat kedua kabupaten ini,” kata Ida. (rnc16)

Baca Juga:  Ruas Jalan Silu-Oemofa Dikerjakan, Warga Sampaikan Terima Kasih untuk Korinus Masneno

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *