oleh

Kadis Kesehatan Kota Kupang Angkat Bicara soal 6 Anggota Dewan Positif Covid-19

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg. Retnowaty angkat bicara soal 6 Anggota DPRD Kota Kupang yang dinyatakan positif covid-19 pada Jumat (19/2/2021) lalu.

Kepada RakyatNTT.com di Kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang, Rabu (24/2/2021) siang, Retno menjelaskan berdasarkan hasil rapid-antigen, para anggota dewan ini sudah dinyatakan sembuh.

Iklan Dimonium Air

Ini sesuai Keputusan Menteri Kesehatan tentang penegakan diagnosa covid-19. “Sesuai KMK 446 (Keputusan Menteri Kesehatan), penegakan diagnosa itu dengan rapid-antigen sudah cukup sebenarnya. Kalau orang tanpa gejala itu tujuh hari ditambah tiga hari sudah bisa dinyatakan sembuh,” kata Retno.

BACA JUGA: Ketua Komisi II DPRD Kota Kupang Mokrianus Lay Sudah Negatif Covid-19

Terkait hasil laboratorium PCR yang hingga saat ini tidak diberikan kepada masing-masing anggota dewan, Retno menjelaskan hasil pemeriksaan PCR dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya sudah ada. Hal ini telah dilaporkan oleh Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit di Dinas Kesehatan Kota Kupang.

“Pemeriksaan dari BBTKLPP itu memang ada. Dia dikasih kok laporannya. Yah dari Bidang P2 kan dilaporkan toh,” ungkapnya.

Selanjutnya, Retno mengatakan terkait tindaklanjut penanganan terhadap 6 anggota dewan yang dinyatakan positif pada Jumat (19/2/2021) lalu, saat ini sedang dilakukan dan menjadi kewajiban Bidang P2P di dinasnya. “Saya belum lihat itu daftarnya. Itu ada di P2P, ada di all record,” katanya.

BACA JUGA: Dominika Bethan Dua Kali Positif Covid-19, Rio Pandie Positif dan Negatif Bersamaan

Ia menjelaskan, untuk penanganan setiap pasien terkonfirmasi positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah, pemantauan dan pengawasan dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di kelurahan serta UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sesuai wilayah pelayanan.

Untuk diketahui, keenam anggota DPRD yang dinyatakan positif covid-19 yakni Wakil Ketua II, Kristian Baitanu (Gerindra) Esi Meliana Bire (Nasdem), Mokrianus I. Lay (Partai Hanura), Satario Pandie (Partai Berkarya) Rony Lotu (PKB) dan Dominika W. Bethan (PDIP). Namun, berdasarkan hasil tes rapid antigen, semuanya sudah dinyatakan negatif covid-19. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed