oleh

PKKMB UMK Terapkan Konsep Zero-Waste, Zero Single-Use Plastics

Kupang, RNC – Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) Tahun Akademik 2019/2020 digelar di aula kampus tersebut selama tiga hari berturut-turut, yakni Selasa hingga Kamis, 17-19 September 2019 yang lalu.

Kegiatan PKKMB kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni mengangkat konsep zero waste, less plastics dengan meminimalisir single use plastics (plastik sekali pakai) seperti minuman mineral gelasan dan bungkusan kue dengan membawa botol air minum (tumbler) dan kotak makanan.

Selain itu mahasiswa baru juga diajar tentang pentingnya mengelola sampah secara bijak, dengan menyimpan sampah pada tempat yang telah disediakan. “Konsep Zero Waste sendiri berawal ketika kami melihat jika ada kegiatan besar yang melibatkan banyak peserta pasti selalu menghasilkan ribuan sampah akibat perilaku mahasiswa yang suka membuang sampah sembarangan di lingkungan kampus, sehingga pada kegiatan PKKMB kali ini kami mencoba mendidik mahasiswa baru untuk lebih mencintai alam dengan menggunakan tumbler dan kotak kue, serta mengedukasi mahasiswa agar lebih bijak menggelola sampah,” ungkap Zulkhaedir Abdussamad, M.Si, ketua panitia PKKMB UMK 2019.

Menurut Zulkhaedir, setidaknya selama tiga hari kegiatan, dapat meminimalisir kurang lebih 17.500 sampah plastik bekas air mineral gelasan dan 3.450 kertas kue. Kegiatan PKKMB tersbeut dibuka dan dihadiri oleh Rektor UMK DR. Zainur Wula, S.Pd, M.Si. Hadir pula pejabat struktural di lingkungan UMK dan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTT.

Jumlah peserta PKKMB UMK tahun 2019/2020 yakni sebanyak 1.146 mahasiswa/i yang terdiri dari enam fakultas dan 16 program studi. Pada akhir kegitan PKKMB, mahasiswa diajak melakukan kegiatan kreatif dan inovatif yang membutuhkan konsentrasi, kerjasama dan kekompakan tim dengan membuat konfigurasi bertuliskan WE LOVE UMK. Acara ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis berupa tempat sampah dari Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam kepada Rektor UMK sebagai Simbol Zero Waste. (kn01/rnc)

Baca Juga:  Resmi Dilantik, IPSI Kota Kupang Siap Hadapi PON Aceh-Sumut 2024 dan PON NTB-NTT 2028

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar