oleh

Respon Sekjen NasDem soal AHY jadi Cawapres Anies Baswedan

Jakarta, RNC – Partai Demokrat mengklaim pola pikir Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan calon presiden yang diusung Partai NasDem, Anies Baswedan, tentang calon wakil presiden selaras. Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate menyambut baik pernyataan AHY.

“Kalau selaras dengan Pak AHY bagus dong, kan Pak AHY ketua partai. Berarti kan kriteria itu diendorse juga. Itu baik adanya, itu berita yang baik,” kata Plate di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022) dilansir detikcom.

Plate menyebut pernyataan AHY sebagai berita baik. Dia menyebut konsep kerja sama yang baik harus dibangun.

“Artinya yang dibutuhkan adalah membangun koalisi dari para ketua-ketua partai yang melihat persyaratan yang disampaikan oleh Pak Anies itu sejalan dengan pikiran mereka itu yang baik. Kan harus membangun konsep kerja sama,” ucap Plate.

Diberitakan sebelumnya, calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan, mengaku belum menemukan calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi di 2024 berdasarkan 3 kriteria versinya. Partai Demokrat menilai langkah Anies dalam menentukan sosok cawapres sudah tepat.

“Kalau kami cermati, langkah Anies yang mematok tiga kriteria dan ingin menentukan secara seksama dalam menentukan cawapresnya sudah tepat,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat dihubungi, Selasa (18/10/2022).

“Kata kuncinya, bisa berkontribusi dalam pemenangan, koalisi, dan pemerintahan,” imbuh Herzaky.

Herzaky menilai Anies membutuhkan cawapres yang bisa menjadi magnet bagi segmen pemilih yang belum terjangkau. Dia memberikan contoh sosok cawapres yang bisa menambah kantong suara Anies.

“Misanya mesti bisa gaet ceruk suara anak muda di bawah 40 tahunan yang bakal mencapai hampir 60 persenan di 2024. Apalagi kalau ternyata sosok vote getter ini juga punya tim dan pasukan yang solid, memimpin organisasi besar yang bisa membantu merekrut suara, membantu pemenangan,” kata Herzaky.

Baca Juga:  Pernah Diusir Heri Nabit, Ketua PKB Beri Sinyal Koalisi dengan Demokrat

Herzaky menyebut cara berpikir Anies sejalan dengan Demokrat dan ketua umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Demokrat diketahui tengah menjajaki peluang berkoalisi dengan NasDem, pengusung Anies, dan PKS.

“Jadi, pola pikir Anies ini selaras dengan Demokrat dan Ketum AHY. Kita fokus pada kriteria, bukan nama, bukan sosok, lalu dibedah bersama-sama secara saksama. Tidak perlu terburu-buru apalagi memaksakan sosok-sosok yang sudah jelas elektabilitasnya rendah, dan tidak bakal punya kontribusi dalam membangun koalisi,” ujar Herzaky. (*/dtc/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *