oleh

Dana Pajak Rp500 Juta Masuk Kas Pemkot, Menunggu DBH dari Pemprov NTT Rp5 Miliar

Kupang, RNC – Pemerintah Kota Kupang kini ‘ngebut’ mencari uang untuk membayar utang pihak ketiga dan membayar belanja insentif RT/RW. Total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp41,8 miliar.

Saat ini ada tambahan dana masuk ke kas Pemkot Kupang sebesar Rp500 juta. Anggaran ini bersumber dari pendapatan pajak daerah. Untuk diketahui, kekurangan anggaran senilai Rp41,8 miliar di Pemkot saat ini, di antaranya Rp27 miliar untuk pembayaran utang terhadap pihak ketiga di tahun 2022, Rp13 miliar untuk pembayaran insentif ketua RT dan RW, hutang pihak ketiga di tahun 2021 serta dana pengendalian inflasi daerah.

Plt. Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Ama Radja mengatakan pendapatan dari sektor pajak yang ditangani dinasnya dari sisa target Rp1,5 miliar baru saja terealisasi ke kas daerah sebesar Rp500 juta. Sementara sisanya akan diupayakan hingga 30 Desember 2022. Namun ia mengakui hanya mampu menambah lagi Rp10 juta dari target yang ada. “Kami telah transfer 500 juta, dan masih sisa 1 M, dan realisasi pajak juga bisa kita capai 1 persen,” katanya.

Asisten III Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally mengungkapkan ada peluang mendapatkan dana bagi hasil dari Pemerintah Provinsi NTT yang ditargetkan senilai Rp42 miliar. Namun karena target disesuaikan dengan realisasi, maka Pemprov NTT hanya akan mentransfer dana senilai Rp5 miliar. (rnc04)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Baca Juga:  Pansus DPRD Kota Kupang Sidak Reklame Liar, Ada Dugaan Pungli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *