oleh

Raja Oenam Dukung Fransiscus Go di Pilgub NTT

Kupang, RNC – Welem Ch. Sonba’i yang saat ini memangku jabatan sebagai Raja Oenam, mengaku senang ketika mendengar ada putra Timor kelahiran Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, bakal maju bertarung pada pemilihan gubernur (pilgub) NTT yang akan dihelat tahun ini. Pasalnya, kata Welem, Kefamenanu merupakan wilayah kerajaan Oenam. Sonaf istana kerajaan Oenam sendiri berada di Desa Fatumnutu, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kerajaan Oenam adalah kerajaan terbesar di Timor bagian Barat, dimana raja tertinggi adalah Kaisar Sonba’i. Saat ini, kerajaan Sonba’i yang tersisa berada di tiga wilayah, yaitu di Kota Kupang (Sonba’i kecil yang dipimpin oleh Raja Nisnoni), dan Sonba’i besar yang berada di istana Sonaf Kauniki, di Kabupaten Kupang, serta di Sonaf Fatumnutu di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Welem yang merupakan salah satu turunan Kaisar Tua Sonba’i, dia lah yang menyerahkan Timor bagian Barat untuk bergabung dengan negara kesatuan republik Indonesia atau NKRI, pada tahun 1947.

Kepada RakyatNTT.com belum lama ini, Dextra Piterson Mayok, ST, usai menemui Welem Ch. Sonba’i di Sonaf istana kerajaan Oenam, di Desa Fatumnutu, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan, mengatakan, pamannya itu (Welem Ch. Sonba’i), sangat senang ketika mendengar Ir. Fransiscus Go, SH, akan maju bertarung sebagai salah satu calon gubernur NTT. “Dalam komunikasi dengan bapa tua terkait calon gubernur NTT, beliau menyampaikan salam kepada bapak Fransiscus Go. Bapak Welem Sonba’i akan mendorong dan berjuang, agar salah satu putra kelahiran Kefamenanu yang merupakan wilayah kerajaan OENAM, bisa berkompetisi di pemilihan gubernur NTT kali ini,” kata Dextra menirukan penuturan Raja Oenam itu.

Dukungan yang diberikan Welem Sonba’i tersebut bukannya tanpa alasan. Dia berharap, Fransiscus Go juga nantinya mendukung Dextra Piterson Mayok yang merupakan keponakan dari Raja Sonba’i Fatumnutu, dalam pemilihan bupati Timor Tengah Selatan. Dextra bakal baju sebagai calon wakil bupati TTS mewakili Mollo Oenam. Dikatakan Dextra, selaku Raja Oenam, Welem Sonba’i sangat mendukung pergerakan orang-orang muda untuk maju membangun daerahnya, khususnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Nusa Tenggara Timur pada umumnya. Saat ini, Dextra berprofesi sebagai arsitek, dan tergabung dalam partai politik sebagai Wakil Ketua 4 BAPILU DPD Demokrat NTT.

Baca Juga:  Fransiscus Go Dampingi Istri Raih Gelar Doktor

Sekedar tahu, Fransiscus Go lahir di Kefamenanu pada 8 Agustus 1968. Dia pendiri dan pemilik GMT Property Management, sebuah perusahaan terdepan dalam pengelolaan properti dengan layanan yang meliputi Home Care Unit, Building Care Unit, Institute of Property Management, GMT Technology, dan GMT Commercial. Berkantor di Jl. Kendal No. 1 Menteng, Jakarta Pusat, GMT Property Management berkembang dan berinovasi di bawah kepemimpinannya. Fransiscus Go tidak hanya brilian dalam dunia akademis dan bisnis, tapi juga seorang pelopor yang berdedikasi untuk pemberdayaan sosial, khususnya di tanah kelahirannya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan semangat altruistik, ia berperan aktif dalam mengembangkan infrastruktur pendidikan di NTT, sebuah langkah penting untuk mencerdaskan generasi mendatang.

Bagi Dextra yang kelahiran Desa Biloto, Kecamatan Mollo Selatan, figur Fransiscus Go sangat tepat memimpin NTT yang masih dikategorikan sebagai provinsi miskin dan tertinggal. “Kita membutuhkan pemimpin yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan, figur bapak Fransiscus Go yang sudah sukses di dunia usaha dan telah banyak membantu masyarakat, terutama menciptakan lapangan pekerjaan bagi anak-anak NTT, sangat tepat untuk didukung,” tandas Dextra. (robert kadang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *