oleh

Mulai Besok, 72 Ribu Rumah Tangga Didata Petugas Regsostek BPS Matim

Borong, RNC – Sebanyak 27.727 rumah tangga di Kabupaten Manggarai Timur (Matim), akan didatangi petugas Registrasi Sosial Ekonomi (Regsostek) Badan Pusat Statistik (BPS) Matim mulai besok, 15 Oktober hingga 14 November 2022 mendatang. “BPS Manggarai Timur telah menyiapkan 343 PPL (Petugas Pendata Lapangan), PML (Petugas Pemeriksaan Lapangan), dan Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) terlatih. Mereka akan menyebar di seluruh desa dan kelurahan.” ujar Kepala BPS Matim, Angela Regina Maria Wea, saat menggelar Konferensi Pers, di Borong, Jumat (14/10/2022).

Regina menyampaikan, Regsosek ini merupakan langkah yang diambil Pemerintah Pusat, melalui BPS, guna menata program penurunan angka kemiskinan di negeri ini. Salah satu strateginya adalah transformasi data mendukung registrasi sosial ekonomi, melalui perbaikan data dan pengembangan sistem terintegrasi, 100 persen penduduk. “Data Regsosek yang dihasilkan, nantinya dapat digunakan sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan juga pemberdayaan ekonomi,” papar Regina.

Dia menambahkan, data Regsoksek yang nantinya akan di ambil selama sebulan ini, akan mencakup semua hal yang berada di masyarakat. “Informasi yang dikumpulkan dalam pendataan Regsosek sangat beragam, antara lain kondisi perumahan, kependudukan, dan ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan dan distabilitas, kepemilikan usaha dan aset, serta keikutsertaan dalam program perlindungan sosial dan pemberdayaan,” sebutnya.

Regina meminta, agar seluruh unsur masyarakat dan pemerintah di lingkup Manggarai Timur, mendukung program BPS tersebut, sehingga dapat terselenggara dengan baik, dan tentunya dapat berimplikasi pada hal – hal yang menguntungkan masyarakat Manggarai Timur. “Saya berharap kepada masyarakat harus dilengkapi dengan KK dan KTP. Dan Harus jujur dan terbuka kondisi sosial dan ekonomi,” tutur Regina.

Dikatakannya, pembukaan pendataan secara simbolis nantinya akan dilaksanakan di rumah tangga Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas. “Tanggal 17 mendatang, BPS mendatangi rumah tangga bupati Matim membuka secara simbolis pendataan,” pungkas Regina. (rnc19)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *